Menpora Gandeng Kadin Indonesia Kembangkan Industri Olahraga Nasional

Menpora Gandeng Kadin Indonesia Kembangkan Industri Olahraga Nasional
Kadin dan Kemenpora menyepakati kemitraan agar terwujud kegiatan industri olahraga yang mandiri dan profesional terkadit DBON. Foto: Dok Kemenpora

jpnn.com, JAKARTA - Menpora Zainudin Amali menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Kadin Indonesia terkait Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) dan pengembangan industri olahraga, pada Rabu (8/9/2021).

Penandatanganan MoU yang berlangsung di kantor Kadin Pusat, Jakarta, itu dilakukan oleh Menpora Zainudin Amali dan Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid serta disaksikan para stakeholder olahraga.

Kerjasama ini dalam rangka sinergitas program dukungan Kadin terhadap pengembangan sektor usaha olahraga, seiring dengan pemerintah yang tengah menggaungkan DBON untuk menciptakan atlet berprestasi dan akan diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo tepat diperayaan Haornas ke-38.

Menpora Amali mengaku senang dengan adanya penandatanganan dengan kerjasama dengan Kadin tersebut. Pasalnya, industri olahraga di Tanah Air belum tergarap dengan serius.

"Memang terus terang saya senang. Kenapa saya senang? karena ini adalah satu potensi, satu opportunity yang sangat besar industri olahraga kita tetapi belum tergarap dengan serius," ujar Menpora Amali.

Ia juga menyebutkan, berdasarkan database di Kemenpora ada sekitar 250 perusahaan yang bergerak di bidang industri olahraga. Namun, dari 250 perusahaan tersebut baru ada satu yang tersertifikasi dan produknya bisa digunakan secara internasional.

"Tidak mudah buat industri kita untuk bisa menembus tingkat internasional, karena yang menentukan sertifikasi dan standarisasi itu adalah IF atau Internasional Federation dari cabang olahraga," ungkapnya Menteri asal Golkar itu.

Menpora Amali pun mendorong Kadin untuk membina perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang industri olahraga sehingga produknya bisa memenuhi standar dan sertifikasi internasional. "Saya kira ini tantangan sekaligus peluang untuk mendorong mereka, membina mereka, saya berharap di periodenya Pak a
Arsjad paling tidak nambah ada 10 industri olahraga yang terstandarisasi tersertifikasi oleh internasional federation. Dengan demikian, pertandingan-pertandingan di level internasional  itu kita bisa bangga menggunakan produk kita," harapnya.

Menpora Zainudin Amali menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Kadin Indonesia terkait Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) dan pengembangan industri olahraga, pada Rabu (8/9/2021).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News