Menpora Luncurkan Logo Hari Sumpah Pemuda 2020, Gelorakan Semangat Bersatu dan Bangkit

Menpora Luncurkan Logo Hari Sumpah Pemuda 2020, Gelorakan Semangat Bersatu dan Bangkit
Zainudin Amali. Foto: Satria/kemenpora.go.id

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali resmi meluncurkan logo Hari Sumpah Pemuda ke-92 tahun 2020 yang disiarkan langsung di TVRI pada Kamis (1/10).

“Menjelang peringatan Hari Sumpah Pemuda, saya berpesan agar para pemuda kita bersatu dan bangkit. Kita tidak boleh tercerai-berai. Meskipun berbeda kita harus tetap satu, semangat persatuan harus kita pelihara dengan baik. Tanpa persatuan kita tidak akan bisa, makanya harus bersatu lalu kita bangkit,” kata Zainudin.

Menpora Luncurkan Logo Hari Sumpah Pemuda 2020, Gelorakan Semangat Bersatu dan Bangkit

Semangat persatuan menurut dia mutlak dan tidak bisa ditawar lagi. Seberat apa pun masalah, jika bersatu akan bisa diselesaikan dengan baik. Semangat bergotong royong juga harus dikedepankan dalam menghadapi masalah. Termasuk menghadapi situasi pandemi Covid-19 yang masih melanda negeri.

“Semangat persatuan tidak bisa ditawar lagi, harus bersatu dan bergotong royong. Saya kira kita harus berkolaborasi dengan berbagai pihak termasuk dengan para pemuda kita. Kita harus bisa memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Berbagai cara terus dilakukan termasuk memberikan edukasi penerapan protokol kesehatan,” tutur menteri kelahiran Gorontalo, 16 September 1962 ini.

Pada kesempatan itu Zainudin juga memberi penjelasan tentang makna dari logo Hari Sumpah Pemuda 2020. Terdapat dua insan yang saling terhubung menggambarkan semangat persatuan pemuda Indonesia yang aktif dalam mengisi kemerdekaan Republik Indonesia pada hari Sumpah Pemuda ke-92.

Kemudian ada perpaduan warna yang beragam melambangkan keberagaman Indonesia pada agama, suku, ras, dan bahasa. Sementara warna biru pada logo melambangkan lautan dan warna hijau melambangkan hutan/pertanian Indonesia sebagai salah satu kekayaan sumber daya alam negeri.

“Konsep logo yang dibuat seakan menyambung dan tidak terputus melambangkan semangat persatuan dan kerja sama untuk melawan Covid-19. Pada font Sumpah Pemuda, memiliki kesan tegas sebagai salah satu sifat pemuda yang energik dan aktif,” jelas Zainudin.

Menpora RI Zainudin Amali juga menjelaskan makna yang terkandung di logo Hari Sumpah Pemuda 2020.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News