Rabu, 22 November 2017 – 16:11 WIB

Menristekdikti Minta PTN dan PTS Jangan Musuhan

Sabtu, 11 November 2017 – 15:21 WIB
Menristekdikti Minta PTN dan PTS Jangan Musuhan - JPNN.COM

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) Mohamad Nasir. Foto: dok jpnn

jpnn.com, JOGJA - Menristekdikti Mohamad Nasir mendorong perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS) untuk bersinergi demi meningkatkan daya saing bangsa. Jangan sampai antara PTN dan PTS saling bermusuhan karena merasa berbeda.

Selama ini banyak PTS merasa dianaktirikan pemerintah karena kurangnya bantuan dana pusat. Alhasil banyak PTS yang statusnya mati segan hidup pun tak mau.

Menteri Nasir mengatakan banyak peluang kerja sama yang bisa dibangun antara PTN dan PTS. Misalnya dalam bidang riset, publikasi, magang dosen, pengabdian kepada masyarakat, program kreativitas mahasiswa, inkubator inovasi, pendidikan anti korupsi, dan gerakan anti radikalisme.

“Sinergi akan meningkatkan mutu perguruan tinggi secara lebih merata, muaranya adalah meningkatnya daya saing bangsa. PTN dan PTS itu sama, bedanya hanya sumber dana pengelolaan. PTS dengan akreditasi A sama nilainya dengan PTN dengan akreditasi A,” tutur Nasir dalam kunjungan kerjanya di Yogjakarta, Sabtu (11/11).

Pada kesempatan ini dia memberikan apresiasi atas perkembangan positif kualitas perguruan tinggi di Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Yogyakarta memiliki tiga PTN dengan akreditasi A yakni Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta, dan UIN Yogyakarta. Selain itu ada lima PTS dengan akreditasi A.

Sedangkan di Jawa Tengah ada empat PTN dengan akreditasi A yaitu Universitas Diponegoro, Universitas Negeri Semarang, Universitas Sebelas Maret, dan Politeknik Negeri Semarang. PTS dengan akreditasi A di Jawa Tengah ada empat PTS.

Dalam kunjungan kerja kali ini Menteri Nasir uga berkesempatan melakukan monitoring dan evaluasi pembangunan gedung di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

SHARES
loading...
loading...
Komentar