Menristekdikti Mohamad Nasir Dibakar Hidup-Hidup

Menristekdikti Mohamad Nasir Dibakar Hidup-Hidup
Menristekdikti M Nasir dibakar ikut dalam atraksi khas Sulawesi Selatan. Foto: Mesya Mohamad/JPNN.com

jpnn.com, MAKASSAR - Atraksi membakar diri ditampilkan para penari pepe pepeka ri makka saat menyambut kedatangan Menteri Riset Teknologi dan Pendidkan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (30/11).

Para penari yang membawa obor ini membakar dirinya, tapi anehnya tidak terbakar. Usai membakar diri, tiga penari ini mendekati Menteri Nasir, para pejabat Kemenristekdikti, rektor Universitas Hasanuddin, para pimpinan Rumah Sakit Pendidikan (RSP), Rumah Sakit Perguruan Tinggi Negeri (RSPTN), dan undangan lainnya.

Ketiga penari ini menawarkan siapa yang ingin mencoba atraksi menantang tersebut. Di luar dugaan, Menteri Nasir yang berani maju duluan. Para penari ini kemudian mulai membakar Nasir dari kaki hingga tangan.

Saat dibakar hidup-hidup Menteri Nasir hanya senyum-senyum. Padahal sangat jelas terlihat api dari obor menjilat pakaian serta tangannya. Anehnya nyala obor tidak bisa membakar Menteri Nasir.

"Ini hangat saja rasanya, enggak panas. Padahal lihat apinya saja sudah ngeri," ujar Nasir usai menjalani atraksi tersebut di Makassar, Kamis (30/11).

Tari pepe pepeka ri makka adalah salah satu jenis kesenian tradisi rakyat di kalangan etnis Makassar. Secara historis tari ini terkait dengan penyebaran agama Islam sekitar abad ke-17 terutama di Kabupaten Gowa yang merupakan gerbang awal masuknya agama Islam. (esy/jpnn)

 


Menteri Nasir berani maju duluan dan bersedia dibakar dari kaki hingga tangan.


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News