Kamis, 20 September 2018 – 01:37 WIB

Menristekdikti Pastikan tak Ada SKTM Bodong di PTN

Jumat, 13 Juli 2018 – 20:19 WIB
Menristekdikti Pastikan tak Ada SKTM Bodong di PTN - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Banyaknya surat keterangan tidak mampu (SKTM) bodong yang digunakan masyarakat pada pendaftaran PPDB (penerimaan peserta didik baru) ikut jadi perhatian Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir. Menurut dia, masalah SKTM tidak lagi terjadi di perguruan tinggi negeri (PTN).

"SKTM enggak jadi masalah lagi di PTN. SKTM hanya jadi masalah untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah," ujar Menteri Nasir di Kampus Universitas Negeri Yogjakarta (UNY), Jumat (13/7).

Dia mengungkapkan, sejak 2010 telah membenahi sistem penerimaan mahasiswa baru di Universitas Diponegoro (Undip). Sistem ini berhasil dan kemudian diusulkan untuk diterapkan secara nasional.

Sistemnya berupa pemberlakukan sistem silang uang kuliah tunggal (UKT). Mahasiswa yang orangtuanya kaya dimintakan UKT besar. Sedangkan yang tidak mampu biaya kuliahnya gratis.

"Mahasiswa yang tidak mampu tetap bisa masuk kuliah di PTN tanpa bayar lewat bidikmisi. Mereka tidak perlu memalsukan SKTM," terangnya.

Dia pun meminta mahasiswa untuk tidak protes dengan besaran UKT yang ditetapkan rektor. Sistemnya sudah diatur karena ada afirmasi. Yang kaya menopang mahasiswa miskin agar bisa menikmati pendidikan tinggi. (esy/jpnn)

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar