Mensos Akui Kesulitan Menyalurkan Bantuan Bencana ke Kabupaten Alor, Ternyata Ini Penyebabnya...

Mensos Akui Kesulitan Menyalurkan Bantuan Bencana ke Kabupaten Alor, Ternyata Ini Penyebabnya...
Menteri Sosial Tri Rismaharini menyampaikan laporan terkait bantuan bencana untuk Kabupaten Alor. Foto: Kemensos

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Sosial Tri Rismaharini sangat memahami kebutuhan masyarakat Alor terhadap bantuan logistik pemerintah.

Eks Wali Kota Surabaya itu pun menyatakan telah berusaha keras memastikan bantuan untuk korban bencana tersebut diterima masyarakat selekas mungkin.

Menurut Risma, kedatangannya di Adonara yang belum tiga hari pascabencana, sudah disambut reaksi emosional masyarakat.

"Nah ini di Alor kan sudah lebih dari tiga hari. Tapi memang kapal saya tidak bisa merapat," kata Mensos usai rapat kerja dengan Komisi VIII di Jakarta (3/6).

Mensos mengungkapkan berbagai usaha yang dilakukannya agar bantuan logistik segera sampai ke tangan masyarakaat terdampak Siklon Seroja di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Berdasarkan pertimbangan sama, dia memutuskan menerbangkan bantuan dari Surabaya "Karena kalau dari Jakarta akan lebih lama," katanya.

Namun, tiba di lokasi bencana, persoalan tidak semudah yang dibayangkan. Pasalnya, dampak Siklon Seroja belum sepenuhnya reda sehingga otoritas syahbandar belum mengizinkan adanya aktivitas pelayaran.

Infrastruktur telekomunikasi juga belum pulih sehingga komunikasi masih sulit dilakukan.

Menteri Sosial Tri Rismaharini sangat memahami kebutuhan masyarakat Alor terhadap bantuan logistik pemerintah. Namun, dia mengaku kesulitan menyalurkan bantuan bencana.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News