Mensos Pastikan Logistik Korban Gempa Banjarnegara Terpenuhi

Mensos Pastikan Logistik Korban Gempa Banjarnegara Terpenuhi
RUSAK PARAH: Sebuah rumah milik warga rusak parah akibat gempa banjarnegara, Rabu (18/4). (dok. BNPB)

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Sosial Idrus Marham menegaskan kebutuhan dasar dan pelayanan sosial para pengungsi korban gempa bumi di Banjarnegara, Jawa Tengah, akan terpenuhi secara bertahap.

Dia pun meminta semua unsur dalam penanggunalan bencana di Kementerian Sosial untuk merespon dengan cepat.

“Untuk tahap awal Kemensos telah membuka Posko Lapangan Darurat Bencana di Kecamatan Kalibening selama 7 hari kedepan, mengevakuasi warga korban bencana ke titik aman/titik pengungsian, membuka Posko Pengungsian di 4 desa terdampak, melakukan pendataan korban dan pengungsi, membuka dua dapur umum untuk melayani hingga 2.000 porsi untuk pengungsi maupun relawan, serta pengiriman Logistik Permakanan,” kata Mensos di Jakarta, Kamis.

Mensos menyampaikan tim Kemensos juga tengah melakukan asesmen oleh Pendamping PKH untuk mendata rumah rusak, Pekerja Sosial mendata jumlah korban luka, Dinas Sosial Provinsi menyisir dan mendata korban meninggal, sementara TAGANA Banjarnegara dan Banyumas mendata kebutuhan logistik.

Terkait logistik permakanan, lanjutnya, untuk tahap awal telah terdistribusi Lauk Pauk Paket A (kornet daging sapi, tumis tahu tempe) sebanyak 100 paket, susu 96 kaleng, kecap 240 botol, saos 240 botol, biskuit 309 boks, mie instan 100 kardus, telur ayam 60 kg, dan beras 1 ton.

“Diperkirakan Kamis siang ini data sudah terkumpul sehingga seluruh kebutuhan dasar pengungsi dan korban terdampak gempa dapat terpenuhi secara bertahap,” tegas Mensos.

Mensos mengatakan sesuai pembagian tugas dalam Klaster Nasional Bidang Penanggulangan Bencana, Kementerian Sosial berada dalam klaster Pengungsian, Perlindungan dan Psikososial dan pemenuhan Logistik.

Pada saat terjadinya bencana, peran Kementerian Sosial adalah social assistance. Ada 4 tahap yang dilakukan yakni aktivasi Sistem Penanggulangan Bencana Bidang Perlindungan Sosial, pengerahan SDM Tagana dan relawan sosial, pemberian bantuan pemenuhan kebutuhan dasar dan pelayanan sosial lainya.

Menteri Sosial Idrus Marham menegaskan kebutuhan dasar dan pelayanan sosial para pengungsi korban gempa bumi di Banjarnegara, Jawa Tengah akan segera terpenuhi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News