Mensos Risma Ajak Semua Elemen Siap Hadapi Bencana Alam dan Sosial

Mensos Risma Ajak Semua Elemen Siap Hadapi Bencana Alam dan Sosial
Mensos Risma ajak semua pihak siap hadapi bencana. Foto: Humas Kemensos

jpnn.com, KARAWANG - Kementerian Sosial RI mengajak semua elemen memiliki kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana alam maupun sosial.

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini selalu mengatakan, untuk melibatkan berbagai pihak untuk mempercepat penanggulangan bencana.

"Agar mempercepat ketuntasan, sekaligus memberikan kepastian negara hadir," ujar Risma dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis (25/3).

Dia menyebutkan, salah satu upaya yang dilakukan Kemensos adalah membentuk Kampung Siaga Bencana (KSB).

"Kampung tersebut sebagai model pendekatan penanggulangan bencana berbasis masyarakat untuk merubah pola pikir dan tindak dalam penanggulangan bencana," kata dia.

Sejatinya, lanjut Risma, KSB itu menyiapkan masyarakat agar lebih mampu mengelola kerentanan, ancaman dan risiko di wilayahnya.

"Sesuai dengan potensi lokal melalui proses perencanaan, pengorganisasian, penyelenggaraan dan pengendalian melalui pendekatan social engineering atau rekayasa sosial," papar Risma.

Mantan Wali Kota Surabaya itu mengatakan, KSB merupakan program unggulan Kemensos dalam mengemban tugas penanggulangan pasca-bencana bidang bantuan sosial berbasis masyarakat.

Kementerian Sosial RI mengajak semua elemen memiliki kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana alam maupun sosial.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News