Mensos Tekankan Pentingnya Rangkul Pemimpin Informal untuk Kendalikan Penyebaran Virus

Mensos Tekankan Pentingnya Rangkul Pemimpin Informal untuk Kendalikan Penyebaran Virus
Menteri Sosial Tri Rismaharini menekankan pentingnya faktor kepemimpinan untuk mengatasi kasus penularan Covid-19 yang terus meningkat. Foto: Kemensos

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Sosial Tri Rismaharini menekankan pentingnya faktor kepemimpinan untuk mengatasi kasus penularan Covid-19 yang terus meningkat.

Risma menyatakan pemimpin sangat menentukan sejauh mana pandemi bisa dikendalikan.

“Soal bagaimana kepemimpinan di era Covid-19 ini, saya juga sampaikan bahwa memang kepemimpinan sangat berpengaruh. Karena kalau kita tidak mengerti (bagaimana langkah-langkah pengendalian dilakukan, red), maka benar-benar kota kita akan zona hitam,” kata Mensos usai menjadi narasumber dalam kegiatan Kuliah Kerja Profesi I (KKP I) Lemdiklat Polri secara daring di Jakarta (21/6).

Risma menjelaskan penanganan pandemi membutuhkan kerja sama semua pihak.

Dia menekankan pentingnya merangkul tidak hanya tokoh formal, namun juga tokoh-tokoh informal, yakni tokoh masyarakat, agama, budaya, adat, dan sebagainya.

“Bagaimana kemudian kita bekerja sama, kita tidak mungkin bisa sendiri. Kita gandeng tokoh masyarakat, kita gandeng tokoh agama untuk bersama-sama menjaga ini. Karena ini tidak mungkin dilakukan oleh pemerintah daerah atau kami saja,” kata Mensos dalam acara dengan tema ‘Strategi Pembinaan Sumber Daya Guna Pemantapan Penanganan Covid-19 dalam Rangka Mewujudkan Indonesia Sehat” itu.

Mensos meminta semua pihak optimistis pandemi bisa diatasi dengan kerja sama yang baik semua pihak.

“Saya yakin bisa. Saya pernah mengalami hal yang sama di Surabaya. Saya dibantu Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), TNI, Polri, dan pihak terkait lainnya. Alhamdulillah tadinya zona hitam, menjadi zona kuning,” kata Mensos.

Menteri Sosial Tri Rismaharini menekankan pentingnya faktor kepemimpinan untuk mengatasi kasus penularan Covid-19 yang terus meningkat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News