Mensos Tri Rismaharini Ziarah ke Makam Cut Nyak Dien, Ini yang Dikenangnya

Mensos Tri Rismaharini Ziarah ke Makam Cut Nyak Dien, Ini yang Dikenangnya
Menteri Sosial Tri Rismaharini berziarah ke makam Pahlawan Nasional Cut Nyak Dhien di di kompleks pemakaman Gunung Puyuh, Desa Sukajaya, Kecamatan Sumedang Selatan, Jumat (22/10). Foto: Kemensos

jpnn.com, SUMEDANG - Menteri Sosial Tri Rismaharini berziarah ke makam Pahlawan Nasional Cut Nyak Dien di Sumedang, Jumat (22/10).

Dia menjelaskan kegiatannya tersebut bertujuan mengenang jasa besar pejuang perempuan dari Aceh itu.

“Beliau dimakamkan di sini sebetulnya merupakan pembuangan oleh penjajah. Di era itu, dibuang ke Sumedang, sudah seperti dibuang ke negara lain,” kata Mensos Risma di kompleks pemakaman Gunung Puyuh, Desa Sukajaya, Kecamatan Sumedang Selatan.

Menurut Risma, perjuangan Cut Nyak Dien patut diteladani generasi bangsa saat ini.

Cut Nyak Dien gigih berjuang dan bersikukuh enggan menyerah dan terus menggelorakan perlawanan terhadap kolonial Belanda dari pedalaman Aceh, kendati kondisi fisiknya sudah sangat memperihatinkan.

“Beliau tidak mau menyerah tetap berjuang dari dalam hutan, meskipun sudah lemah dan pandangannya terganggu. Tetap berjuang dari dalam hutan," kenang mantan Wali Kota Surabaya itu.

Mensos ingin generasi muda yang tidak merasakan perjuangan fisik meraih kemerdekaan, agar mengenang, menghargai dan meneladani perjuangan para pahlawan.

Selain itu, dia menekankan pentingnya generasi saat ini paham bahwa kemerdekaan saat ini ditempuh dengan perjuangan yang luar biasa berat dan panjang oleh para pahlawan, salah satunya oleh Cut Nyak Dhien.

Mensos Tri Rismaharini berziarah ke makam Cuk Nyak Dien untuk mengenang jasa besar pejuang perempuan dari Aceh itu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News