Menstruasi Dini Bisa Meningkatkan Risiko Diabetes Gestasional

Menstruasi Dini Bisa Meningkatkan Risiko Diabetes Gestasional
Ilustrasi wanita. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - SUDAH tidak perlu diragukan lagi, diabetes kini merupakan penyakit umum yang banyak menyerang siapa saja, baik pria dan wanita.

Diabetes tentu saja diakibatkan karena meningkatnya kadar gula dalam darah.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan timbulnya diabetes, seperti misalnya pola gaya hidup yang tidak sehat, terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat dan makanan manis serta faktor keturunan.

Namun, pernahkah Anda mendengar yang namanya diabetes gestasional?

Diabetes gestasional merupakan penyakit diabetes yang hanya muncul selama masa kehamilan saja.

Meskipun para ahli menunjukkan obesitas atau kelebihan berat badan sebagai salah satu penyebab utamanya, sebuah penelitian baru-baru ini menyatakan menstruasi dini juga bisa berperan.

Usia normal bagi kamu perempuan untuk mulai menstruasi adalah 13 tahun ke atas. Namun, ada banyak kasus ketika anak perempuan mengalami menstruasi pertama pada usia 11 tahun atau kurang.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Queensland, anak perempuan yang memulai menstruasi pertama mereka pada usia 11 tahun atau lebih muda, 50 persen lebih mungkin untuk mengembangkan diabetes gestasional selama kehamilan dibandingkan mereka yang mengalaminya pada usia 13 tahun.

" Pubertas dini pada anak perempuan sekarang telah terbukti menjadi penanda signifikan untuk beberapa hasil kesehatan yang merugikan, termasuk diabetes gestasional," kata Gita Mishra, profesor di University of Queensland, seperti dikutip laman Food.ndtv.

Menstruasi dini bisa berperan meningkatkan terjadinya diabetes gestasional yang hanya terjadi selama masa kehamilan saja.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News