Mentan Ajak Kepala Daerah Berkebun

Mentan Ajak Kepala Daerah Berkebun
Mentan Ajak Kepala Daerah Berkebun
DRAMAGA – Menteri Pertanian (Mentan), Suswono, meminta agar kepala daerah berperan aktif mendukung program revitalisasi pertanian yang telah ditetapkan pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian (Kementan). Di antaranya, meningkatkan produktivitas pertanian dan tidak membiarkan lahan kosong telantar. Mentan mengharapkan agar seluruh kepala daerah dan semua unsur ikut berperan serta dalam mendukung program ketahanan pangan.

Suswono mengatakan, pemanfaatan lahan pertanian, bisa dimulai dari hal yang paling kecil. Menurutnya, pekarangan rumah dapat dijadikan kebun dan lahan yang cocok untuk tanaman dalam skala kecil. Di pekarangan rumah, kata dia, warga bisa menanam pohon buah, cabai, tomat, terong dan berbagai tanaman sayur lainnya. Bahkan, lanjut dia, pekarangan rumah juga dibuatkan kandang atau kolam untuk usaha ternak dan budidaya ikan.

“Sehingga, di lingkungan sekitar rumah, tidak ada lagi lahan-lahan yang dibiarkan kosong,” tutur Suswono di hadapan ribuan mahasiswa baru Institut Pertanian Bogor (IPB), di Gedung GWW, Sabtu (12/8).

Ia menambahkan, penggunaan dan pemanfaatan lahan kosong dan telantar, hendaknya menjadi perhatian pemerintah daerah hingga tingkat paling bawah. Itu penting untuk memotivasi masyarakatnya agar mau memanfaatkan lahan-lahan yang produktif di areal tempat tinggalnya.

DRAMAGA – Menteri Pertanian (Mentan), Suswono, meminta agar kepala daerah berperan aktif mendukung program revitalisasi pertanian yang telah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News