Mentan Ajak Pemuda Ulet Ini Wujudkan Pusat Pangan

Mentan Ajak Pemuda Ulet Ini Wujudkan Pusat Pangan
BAHAS JAGUNG: Menteri Pertanian Amran Sulaiman (kanan) bersama CEO Vasham Kosa Sejahtera Irvan Kolonas dalam panen raya jagung di Lampung Selatan, Lampung, Kamis (16/2). Foto: Fathan Sinaga/JPNN.Com

jpnn.com - jpnn.com - Usia Irvan Kolonas baru berusia 28 tahun. Namun, kiprah bos Vasham Kosa Sejahtera itu telah mengantarnya sebagai ayah asuh bagi para petani jagung.

Ketelatenan Irvan terjun langsung membina petani jagung sampai membuat Menteri Pertanian Amran Sulaiman terpesona. Pemilik nama Aldrian Irvan Kolonas itu dianggap berhasil membina petani di tengah persaingan global.

Irvan adalah lulusan ilmu politik di University of Southern California, Los Angeles 2010. Tapi minatnya justru pada bisnis bermisi sosial.

Menurutnya, tak semestinya pengusaha hanya menyedot seluruh sumber daya dan memperluas usaha tapi mengabaikan sumber daya manusianya. Prinsip itulah yang membuatnya tak segan-segan turun ke lapangan untuk langsung menemui petani.

"Saya sampai harus turun langsung ke lapangan, mencari tahu apa saja kesulitan petani sejak mulai menanam hingga tiba masa panen dan menjual hasilnya," katanya di acara panen raya jagung di Lampung Selatan, Provinsi Lampung, Kamis (16/2).

Acara itu juga dihadiri Menteri Amran, pejabat Pemprov Lampung, serta anggota Komisi IV DPR Sudin. Irvan di depan para pejabat lantas memaparkan pengalamannya ketika memilih meninggalkan posisi empuk di Japfa Comfeed Tbk.

Irvan juga mendapat tawaran bekerja di perusahaan bergengsi lainnya. Tapi, dia memilih bergelut dengan petani jagung di pelosok. Dia melalui hal itu selama tiga tahun demi berbagi ilmu ke petani jagung.

"Saya turun ke lapangan dan memberi pembinaan. Itu terus saya lakukan berulang-ulang, untung rugi saya alami sendiri," jelasnya.

Usia Irvan Kolonas baru berusia 28 tahun. Namun, kiprah bos Vasham Kosa Sejahtera itu telah mengantarnya sebagai ayah asuh bagi para petani jagung.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News