Mentan Amran Ajari Awak Media Pola Tanam Jagung Unik

Mentan Amran Ajari Awak Media Pola Tanam Jagung Unik
Menteri Pertanian Amran Sulaiman (kanan). Foto: Kementan

jpnn.com, BARITO KUALA - Menteri Pertanian Amran Sulaiman menyempatkan diri meninjau lokasi lahan rawa percobaan Kementan di Balai Penelitian Lahan Rawa (Balittra) dalam kunjungan kerjanya di Kalimantan Selatan, Sabtu (25/5).

Didampingi Kepala Badan Litbang Kementan Fadjry Djufry dan beberapa pejabat lainnya, dia langsung menuju lahan yang berada di belakang gedung kantor.

"Ini tanaman jagungnya sudah terlalu kering. Terlambat panen dan kurang terawat. Kalian saya ajari satu hal yang unik, ya," ujar Amran pada awak media yang mengikutinya.

BACA JUGA: TTIC Kementan Hadir di Bogor, Menjamin Harga Terjangkau

Amran menjelaskan, tanaman jagung di lahan ini memang tampak kurang terawat.

Namun, bila diperhatikan, jagung tersebut ditanam dengan cukup rapat. Terdapat bagian yang telah hilang buah jagungnya. Akan tetapi, ada juga yang masih tampak jagungnya.

"Ini namanya pola tanam zigzag. Ini inovasi dari litbang pertanian. Produksinya per hektare bisa 24 ton. Beda dengan cara tanam biasa yang hanya 5 ton," kata Amran.

Cara bertanam ini sangat menarik dan menguntungkan bila dilakukan oleh petani, mengingat hasilnya jauh lebih besar dari pola tanam biasa.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman menyempatkan diri meninjau lokasi lahan rawa percobaan Kementan di Balai Penelitian Lahan Rawa (Balittra) dalam kunjungan kerjanya di Kalimantan Selatan, Sabtu (25/5).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News