Mentan-Mendag Siap Selesaikan Persoalan Para Peternak

Mentan-Mendag Siap Selesaikan Persoalan Para Peternak
Mentan Syahrul Yasin Limpo. Foto: Dok Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo bersama Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi siap menyelesaikan persoalan para peternak mandiri yang mengalami kesulitan pakan akibat pandemi Covid 19 berkepanjangan.

Menurut Mentan Syahrul pihaknya akan mendekatkan distribusi pakan ternak khusus jagung dari sejumlah sentra di wilayah produksi lain.

"Sesuai petunjuk bapak presiden, kita akan melakukan langkah cepat pada minggu ini agar kebutuhan jagung khususnya di tiga tempat yang bersoal, yakni Klaten Blitar dan Lampung bisa tertangani dengan harga yang sangat normatif," ujar Mentan Syahrul, Rabu (15/9).

Dia berjanji akan menambah lebih banyak sentra pakan khusus jagung pada daerah yang memiliki basis peternakan.

Selanjutnya, lanjut dia, melakukan penjagaan dan stabilitas harga agar tetap terkendali serta memperbaiki regulasi yang bisa melindungi peternak.

"Saya diperintahkan bersama Mendag untuk membangun regulasi bersama, sehingga nantinya ada kepastian ketika terjadi apa-apa," ungkap dia.

"Kemudiam perintah Bapak Presiden juga adalah membuat industri yang terkait dengan tepung dan telur," sambungnya.

Diketahui, Presiden Joko Widodo menerima perwakilan Perhimpunan Insan Perunggasan dan Peternak Ayam Petelur, Rabu (15/9), di Istana Negara, Jakarta.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo bersama Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi siap menyelesaikan persoalan para peternak mandiri.