Mentan Pastikan Stok Beras Aman hingga Februari

Mentan Pastikan Stok Beras Aman hingga Februari
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman memberikan pidato dalam acara panen raya di Desa Gedongarum, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro. Jawa Timur, Senin (22/1). Foto: Fathan Sinaga

jpnn.com, BOJONEGORO - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengklaim stok beras untuk Januari sampai Februari 2018.

Dia menampik data sejumlah lembaga yang menyebutkan beras di Indonesia kekurangan stok.

Amran menjelaskan, pihaknya melakukan panen raya padi di Desa Gedongarum, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Senin (22/1). Seluas 1.800 hektare siap dipanen di Kecamatan Kanor ini.

"Hari ini, 1.800 hektare. Kemudian total panen kami satu minggu ke depan kurang lebih dua juta hektare. Bisa memproduksi beras lima sampai enam juta ton dalam satu minggu ke depan," kata Amran.

Untuk hasil panen Januari dan Februari ini, kata dia, bisa menutup kebutuhan beras nasional. Sebab, kebutuhan beras nasional hanya 2,5 juta ton per bulan.

Karena itu, menteri asal Sulsel ini menyesali adanya lembaga yang menyebut Indonesia kekurangan stok beras. Bahkan, Indonesia dituduh tidak panen dalam bulan paceklik November sampai Januari.

"Kemudian ada yang mengatakan tidak ada panen. Kami sudah merubah slogan kita, tiada hari tanpa panen, tiada hari tanpa tanam dan tiada hari tanpa olah tanam. Karena kami berusaha menghilangkan paceklik, kami memberikan solusi permanen untuk menghilangkan musim paceklik di musim November, Desember, Januari," kata Amran. (tan/jpnn)

 


Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengklaim stok beras untuk Januari sampai Februari 2018.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News