Mentan Syahrul Menjamin Stok Daging Aman Jelang Ramadan dan Idul Fitri

Mentan Syahrul Menjamin Stok Daging Aman Jelang Ramadan dan Idul Fitri
Mentan Syahrul Yasin Limpo saat mengunjungi toko daging di Depok, Jabar, Senin (5/4). Foto: humas Kementan

jpnn.com, DEPOK - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menjamin ketersediaan daging jelang Ramadan dan Idul Fitri tahun ini dalam kondisi cukup dan aman.

Dia menyebut untuk memenuhi kebutuhan daging nasional, pihaknya tidak hanya mengandalkan mekanisme impor, tetapi juga memaksimalkan produksi dalam negeri. Apalagi selama Ramadhan permintaan biasanya meningkat tajam.

"Kami akan lakukan berbagai upaya untuk memenuhi kebutuhan itu, baik dalam bentuk daging segar maupun beku. Kami akan maksimalkan dari berbagai tempat termasuk produksi dalam negeri," kata mentan Syahrul saat meninjau Toko Daging Nusantara GDC, Depok, Senin (5/4).

Kunjungan ke Toko Daging Nusantara menjadi salah satu upayanya Kementan memastikan pangan masyarakat khususnya daging mencukupi. mentan Syahrul menyatakan bakal meningkatkan sinergi dengan pihak terkait untuk mengamankan ketersediaan maupun distribusi pangan secara umum.

"Pangan itu sangat terkait dengan supply and demand, maka untuk menjaga ini saya akan bekerja sama dengan pihak-pihak terkait, salah satunya mendag untuk mendekatkan produksi dengan pasar," ucap Mentan Syahrul.

Pihaknya juga akan menggelar operasi pasar bila terjadi lonjakan permintaan daging di masyarakat.

"Hari ini saya juga mengecek ketersediaan daging bersama Ibu Diana, salah satu Ketua Asosiasi atau UMKM daging. Ini juga menjadi bagian kami untuk memperkuat upaya pemenuhan pangan," ucapnya.

Menurut Syahrul, secara umum stok 11 pangan nasional dalam kondisi yang aman dan terkendali. Pihaknya juga tidak hanya mengecek ketersediaan pangan melalui data, tetapi juga akan memantau ketat pergerakan stok pangan di lapangan terutama selama Ramadan dan Idul Fitri.

Mentan Syahrul Yasin Limpo akan menjaga stok daging sapi dan kerbau tetap terjaga untuk kebutuhan Ramadan dan Idul Fitri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News