Mentan Syahrul Serahkan Bantuan Kepada Korban Banjir di Jakarta dan Tangerang

Mentan Syahrul Serahkan Bantuan Kepada Korban Banjir di Jakarta dan Tangerang
Penyerahan bantuan dari Kementan kepada korban banjir di Cilincing, Jakarta Utara. Foto Elfany Kurniawan/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menyerahkan bantuan kemanusiaan kepada para korban banjir yang ada di Jakarta dan Tangerang. Bantuan pangan ini diserahkan secara simbolis kepada korban banjir yang ada di Kantor Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, Sabtu (4/1).

Syahrul mengatakan, bantuan yang dibagikan ini merupakan arahan langsung dari Presiden Joko Widodo. Menurut dia, pemerintah harus bisa menopang masyarakat terutama yang sedang mengalami bencana.

"Saya menindaklanjuti perintah Bapak Presiden agar negara hadir di tengah masyarakat dalam suasana seperti banjir atau bencana seperti saat ini sehingga masyarakat mengetahui jika negara siap membantu mereka," kata Syahrul.

Mantan Gubermur Sulawesi Selatan ini menambahkan, dia sudah berkoordinasi langsung dengan Gubernur DKI Jakarta untuk mendapatkan titik titik yang akan mendapat bantuan. Titik yang mendapat bantuan antara lain, Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Barat serta Tangerang Selatan.

"Saya berharap ini menjadi keprihatinan nasional, ini panggilan kenegaraan , ini panggilan bangsa dan kita semua turun tangan minimal memberikan dukungan positif kepada masyarakat kita yang terkena banjir saat ini," ungkapnya.

Selain itu, Syahrul juga menyampaikan kepada korban bencana banjir supaya mereka kiranya ke depan lebih waspada dan lebih mampu mengantisipasi segala tantangan. Dengan begitu masyarakat bisa lebih siap dengan segala kemungkinan yang ada.

"Allah Maha Mendengar, yang pasti ada maknanya dan makna itu. Insyaallah kan menjadi sumber kebaikan ke depan. Tidak ada yang bisa hindari kalau memang harus menjadi bagian, tapi jadikan ini sebagai sebuah kewaspadaan sebagai sesuatu yang menguatkan kita semua dalam setiap hari," tuturnya.

Adapun total bantuan yang akan diberikan yakni empat truk untuk Jakarta Utara, tiga truk untuk Tangerang Selatan, satu truk Jakarta Timur, satu truk Jakarta Selatan, satu truk Jakarta Barat. Bantuan ini berisikan sembako, selimut, sarung, pampers, handuk, biskuit, air mineral, mi instan dan satu truck dari Pertani (mitra kerja) berupa beras sejumlah 2,5 ton. (cuy/jpnn)

Mentan Syahrul mengatakan, bantuan yang dibagikan ini merupakan arahan langsung dari Presiden Joko Widodo.


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News