Mentan Syahrul Yasin Limpo Cek Stok Pabrik Gula di Cilegon

Mentan Syahrul Yasin Limpo Cek Stok Pabrik Gula di Cilegon
Foto: kementan

jpnn.com, CILEGON - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo meninjau PT. Angels Products, sebuah pabrik gula di Cilegon, guna mengecek ketersedian stok tetap aman di masa pandemi corona dan menghadapi bulan puasa maupun hari raya Idulfitri.

Mentan mengatakan bahwa beberapa industri memang menerima penugasan untuk menyikapi sesegera mungkin terkait kelangkaan gula.

"Kami sudah memastikan ketersedian stok gula khususnya gula yang memang menjadi penugasan pemerintah kepada beberapa industri didalam mengambil sebuah sikap cepat agar kelangkaan gula yang ada dapat diatasi sesegera mungkin sesuai dengan perintah Bapak Presiden," kata Syahrul saat meninjauan stok gula di PT. Angels Products, Rabu (8/4).

Mentan Syahrul menerangkan bahwa sesuai arahan Presiden Joko Widodo agar seluruh Menteri harus turun ke lapangan dalam melakukan validasi data.

Bersama Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Kementerian Perindustrian (Kemenperin), pemerintah mempersiapkan kebutuhan sebanyak 250 ribu ton sudah siap diguyur ke pasar agar harga gula stabil.

"Kendali terhadap bahan baku gula pasir maupun gula putih kita sudah siapkan dan kita tidak bergantung dengan impor kenegara lain yang kita harapkan segera masuk,"terangnya.

Berdasarkan Permendag no. 7/2020 tentang harga acuan, harga eceran tertinggi (HET) gula yakni Rp 12.500 per kg. Namun saat ini harga di pasar Rp.18.000 hingga Rp 20.000 per kg.

Oleh karena itu, Syahrul menegaskan pihaknya bersinergi dengan kementerian terkait dan kepolisian secepatnya menstabilkan harga. Kesiapan dalam negeri terus diupayakan serta impor dari negara lain yang diharapkan dapat segera masuk termasuk upaya yang dilakukan Kementerian Pertanian (Kementan) dalam menangani isu kelangkaan.

Pemerintah mempersiapkan kebutuhan sebanyak 250 ribu ton gula sudah siap diguyur ke pasar agar harga stabil.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News