Mentan SYL: Pertanian Papua Akan Melesat Bila Petani Milenial Kuat

Mentan SYL: Pertanian Papua Akan Melesat Bila Petani Milenial Kuat
Mentan Syahrul Yasin Limpo saat membuka pelatihan kewirausahaan petani milenial Sorong. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, SORONG - Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar pelatihan kewirausahaan untuk petani milenial di Kabupaten Sorong, Papua Barat.

Pelatihan tersebut diyakini akan membawa kejayaan sektor pertanian di wilayah paling ujung timur Indonesia itu.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) menuturkan Kementan telah menetapkan arah kebijakan pembangunan pertanian, yaitu pertanian maju, mandiri, dan modern.

"Arah kebijakan ini menjadi pedoman bagi kita semua untuk bertindak cepat, cermat dan akurat bagi jajaran Kementerian Pertanian dalam mencapai kinerja yang lebih baik," kata Mentan SYL saat membuka pelatihan kewirausahaan petani milenial Sorong.

Dia berharap pelatihan ini dapat mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki, memanfaatkan teknologi mutakhir melalui optimalisasi peran petani dan penyuluh dalam pencapaian program swasembada pangan, baik di tingkat provinsi, kabupaten dan kecamatan, sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menurut Mentan SYL, keberadaan para petani sangat vital dalam mewujudkan pencapaian swasembada pangan.

Dalam penerapan teknologi pertanian yang direkomendasikan, Mentan SYL berharap melalui pelaksanaan kegiatan pelatihan yang dilaksanakan kali ini dapat mendorong petani milenial menjadi unggul, profesionalisme dan berdaya saing dalam mengembangkan usahanya.

"Penumbuhan petani milenial harus terus didorong secara massif dengan mengoptimalkan peran petani milenial. Kementerian Pertanian terus melakukan berbagai terobosan dan inovasi dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini. Salah satunya melalui kegiatan pelatihan kewirausahaan," paparnya.

Di era teknologi saat ini, Mentan SYL mengajak SDM pertanian untuk mampu menyesuaikan program pelatihan yang berbasis IT.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News