Mentan SYL Pimpin Penanaman Perdana Jagung di Wilayah Khusus Kabupaten Karawang

Mentan SYL Pimpin Penanaman Perdana Jagung di Wilayah Khusus Kabupaten Karawang
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) memimpin penanaman perdana jagung di lahan yang sedang dikembangkan menjadi wilayah khusus di Desa Tanjung Pakis, Kecamatan Pakisjaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Sabtu (11/6). Foto: Dokumentasi Kementan

jpnn.com, KARAWANG - Kementerian Pertanian (Kementan) melaksanakan tanam perdana jagung di Desa Tanjung Pakis, Kecamatan Pakisjaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Kegiatan ini merupakan rangkaian pengembangan wilayah khusus di Provinsi Jawa Barat Tahun Anggaran 2022.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan pemerintah mendorong masyarakat agar melakukan penanaman secara terpadu, baik pada saat pengambilan bibit maupun penjualan hasil panen.

"Saya mau bilang pertanian itu hebat, Bapak. Kalau kita mau memperbaiki ekonomi keluarga, mau membangkitkan semangat rakyat jawabanya ya pertanian, Bapak," kata Mentan SYL, Sabtu (11/6).

Mentan SYL menyebutkan dari 200 hektare yang direncanakan, penanaman jagung di wilayah khusus Karawang ini diharapkan bisa meluas jadi 1.000 hektare.

Apalagi Karawang merupakan kabupaten subur yang memiliki kecukupan air relatif banyak.

Terkait modal, kata Mentan SYL, masyarakat bisa mengakses melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR) pertanian yang memiliki bunga rendah.

Layanan ini bisa diakses petani dan masyarakat pada umumnya yang serius dalam mengembangkan usaha tani.

Kementan melaksanakan tanam perdana jagung di lahan yang tengah dikembangkan sebagai wilayah khusus di Desa Tanjung Pakis, Kabupaten Karawang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News