Mentan SYL Tekankan Pentingnya Peran Camat dalam Pembangunan Pertanian

Mentan SYL Tekankan Pentingnya Peran Camat dalam Pembangunan Pertanian
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) menekankan perlunya menggerakkan pertanian mulai dari desa, dan perat camat. Foto: dok Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) menekankan perlunya menggerakkan pertanian mulai dari desa.

Menurut dia, sinergitas Kementan bersama Kementerian Dalam Negeri akan menggerakkan ekonomi dan membangun bangsa luar biasa tangguh.

Pertanian jadi penyelamat perekonomian nasional, karena kekuatan negeri ini ada di kecamatan untuk mengkoordinasi desa-desa yang ada di bawahnya.

"Konsepsi program pemerintah terlebih dahulu dimatangkan oleh camat. Semua kebijakan unit desa baru bisa naik ke atas menjadi program kalau dimatangkan oleh camat. Karenanya pemerintahan yang baik dimulai dari peningkatan peran camat yang baik," kata SYL saat memberikan arahan pada pelatihan pertanian bagi camat seluruh Indonesia di Ciawi, Bogor, Kamis (28/10).

Pelatihan yang diadakan Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) secara offline dan online ini bertempat di Pusat Pelatihan, Manajemen, Kepemimpinan Pertanian (PPMKP).

Pelatihan ini bertujuan meningkatkan pemahaman dan kapasitas serta peran camat terhadap pertanian Indonesia, sehingga memiliki peran dan tanggung jawab dalam mensukseskan program pembangunan pertanian di kecamatan secara masif.

SYL mengatakan pihaknya menyiapkan berbagai program untuk mewujudkan SDM unggul.

Diharapkan pada akhirnya akan meningkatan produktivitas, kualitas, dan kontinuitas produksi pertanian secara nasional.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) menekankan perlunya menggerakkan pertanian mulai dari desa, dan perat camat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News