Mentan SYL Terpesona Sama Svarga Bumi Borobudur

Mentan SYL Terpesona Sama Svarga Bumi Borobudur
Menteri Pertanian Syharul Yasin Limpo saat mengunjungi sekaligus memanen padi di Svarga Bumi Borobudur. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, MAGELANG - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengunjungi sekaligus memanen padi di Svarga Bumi Borobudur, lokasi agrowisata sawah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (6/3).

Kawasan spot foto baru di Kabupaten Magelang bertema hamparan sawah ini menjadi sumber ekonomi baru bagi masyarakat setempat khususnya petani.

"Ini langkah maju bahwa pertanian itu bukan hanya menghasilkan padi, jagung, kacang-kacang tetapi sebenarnya dengan penataan yang baik banyak akselerasi yang bisa kami intervensi jadikan potensi untuk mendapatkan tambahan lagi bagi masyarakat, contohnya di sini," kata Menteri SYL saat kunjunganya di kawasan Svarga Bumi tersebut.

Mantan Gubernur Selawesi Selatan itu menjelaskan saat ini pertanian menjadi sektor penopang perekonomian nasional sehingga terobosan-terobosan dengan menggabungkan pertanian dengan sektor lain misalnya parawisata menjadi sesuatu luar biasa menarik.

Walaupun dikembangkan di lahan tidak begitu luas, namun bisa menjadi pilihan masyarakat untuk berwisata dan awal untuk membangun pusat perekonomian yang luas dari sektor pertanian.

"Ini tidak mengganggu komoditi yang kami tanam, bahkan ini akan menjadi energi, merangsang masyarakat untuk terus melakukan upaya yang ada agar pertanian sesempit apa pun sebenarnya bisa dilipatgandakan untuk pendapatan masyarakat setempat," katanya.

Saat meninjau kawasan wisata ini, Mentan SYL meminta kawasan agrowisata Svarga Bumi menjadi contoh untuk daerah lain.

Menurutnya kawasan agrowisata ini menjadi pilihan menarik bagi para anak muda untuk mempelajari dunia pertanian sehingga berawal dari wisata makin banyak kaum milenial atau masyarakat tertarik dengan sektor pertanian, bahkan menjadi kantong perekonomian baru yang menyejahterakan masyarakat.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengunjungi Svarga Bumi Borobudur, lokasi agrowisata di Magelang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News