Mentan SYL: Tiada Hari Tanpa Tanam dan Panen Padi

Mentan SYL: Tiada Hari Tanpa Tanam dan Panen Padi
Mentan SYL usai panen padi di Desa Gajahmekar, Kecamatan Kutawaringin, Kabupaten Bandung, Minggu ( 25/7). Foto: Kementan

jpnn.com, BANDUNG - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) menyatakan tiada hari tanpa panen meski di tengah pandemi Covid-19.

Hal itu diungkapkan SYL saat melakukan panen padi di Kabupaten Bandung.

Menurutnya, banyak panen padi di sejumlah daerah salah satunya di Kabupaten Bandung sehingga dipastikan stok beras nasional terjamin.

"Jadi panen dan menanam kami bisa lihat setiap saat disemua daerah saat ini. Kita berharap lahan yang ada ini tidak boleh nganggur terlalu lama, tidak ada lahan yang nganggur lebih dari satu bulan langsung ditanam, kita kejar air dan hujan yang masih ada," ujar Mentan SYL usai panen padi di Desa Gajahmekar, Kecamatan Kutawaringin, Kabupaten Bandung, Minggu ( 25/7).

SYL menegaskan sesuai perintah Presiden Jokowi, para menteri untuk tidak terima dan percaya data saja namun harus turun ke lapangan melakukan validasi secara langsung dan secara faktual untuk ketersediaan pangan khususnya beras.

"Dan hari ini bahkan setiap minggu saya turun bersama jajaran ketemu para gubernur, bupati untuk menanyakan ketersediaan pangan khususnya beras dalam situasi covid atau dalam situasi apapun," ujarnya.

Oleh karena itu, SYL memastikan ketersediaan pangan nasional dalam kondisi aman sehingga masyarakat tidak perlu khawatir. Data yang dikeluarkan BPS dan juga diolah Kementerian Pertanian (Kementan) mencatat, produksi beras pada bulan Juni mencapai 2,59 juta ton ditambah stok yang ada menjadi 10,6 juta ton pada posisi akhir Juni 2021 dan prognosa stok akhir Desember 2021 sebesar 9,6 juta ton.

"Hari ini kita tidak hanya panen tapi sekaligus mengolah disamping tempat panen dan inilah yang diperlihatkan Kabupaten Bandung. Selesai mengolah tidak ada yang menganggur langsung mempersiapkan sekitarnya untuk segera tanam lagi," jelasnya.

Di tengah pandemi Covid-19 Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) menyatakan tiada hari tanpa panen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News