Menteri Agama: Tempat Curhat Penting Bagi Mereka Dalam Kondisi Seperti Ini

Menteri Agama: Tempat Curhat Penting Bagi Mereka Dalam Kondisi Seperti Ini
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. FOTO: JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin bertemu para jemaah haji Indonesia di Mina, Arab Saudi. Lukman memanfaatkan kesempatan itu untuk mendengar curhat dari para jemaah haji Indonesia, terutama jemaah kloter 61 Embarkasi Jakarta-Bekasi.

“Sejak awal saya meniatkan diri ketika berkunjung ke sana (Mekkah, red), setidaknya mereka ada tempat untuk bisa mencurahkan apa yang mereka rasakan. Tempat curhat itu penting bagi mereka yang berada dalam kondisi seperti itu,” kata Lukman, Sabtu (26/9).

Lukman sengaja hadir di tengah para jemaah haji Indonesia untuk mendengar dan berbagi rasa terhadap musibah yang sedang mereka alami. Ia mengaku mendapat banyak sekali kritik dan saran, termasuk penjelasan tentang bagaimana kronologis kejadian dalam pandangan mereka.

“Pengalaman yang traumatik, serba ketidakjelasan, informasi yang simpang siur, dan lain sebagainya, menjadikan mereka butuh orang yang bisa dijadikan tempat untuk curhat. Saya memang dalam posisi seperti itu,” ucap Lukman.

Lukman mengaku, mendapat banyak masukan yang harus segera ditindaklanjuti. Salah satunya adalah laporan tentang adanya jemaah JKS 61 yang sakit.

Ia pun langsung meninjau dan meminta tim kesehatan kloter untuk segera berkoordinasi dengan Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI) di Mina untuk segera mengevakuasi korban dari tenda dengan ambulance. 

Untuk meringankan beban psikologis jemaah yang mengalami langsung peristiwa Mina, Lukman juga meminta agar mereka bisa diantar dengan mobil saat akan melakukan lempar jumrah.

“Apa yang telah disampaikan oleh jemaah adalah masukan buat kami,” ungkapnya. 

JAKARTA - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin bertemu para jemaah haji Indonesia di Mina, Arab Saudi. Lukman memanfaatkan kesempatan itu untuk mendengar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News