Menteri ATR Tegaskan PTSL Menyentuh hingga Pulau-Pulau Kecil

Menteri ATR Tegaskan PTSL Menyentuh hingga Pulau-Pulau Kecil
Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto (kanan) menyerahkan total 386 sertifikat tanah di Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, tepatnya di Pulau Panggang, Jumat (11/8). Foto: Dok. Kementerian ATR/BPN

jpnn.com, KEPULAUAN SERIBU - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto menyerahkan total 386 sertifikat tanah di Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, tepatnya di Pulau Panggang, Jumat (11/8).

Pada kesempatan tersebut, dia menyerahkan langsung secara door to door sebanyak 35 sertifikat hasil program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dan satu sertifikat tanah wakaf.

Terbitnya sertifikat di wilayah kepulauan ini menegaskan bahwa program legalisasi aset bukan hanya berfokus di wilayah daratan atau perkotaan, tetapi menyentuh sampai ke pulau-pulau kecil, pedesaan, bahkan daerah perbatasan.

"Pagi ini kami baru saja menyerahkan sertifikat secara door to door, program PTSL ini bukan hanya di kota-kota besar, tetapi merambah sampai wilayah terkecil. Saat ini kami ada di Pulau Panggang yang masyarakatnya notabene adalah hidupnya sebagai nelayan, ada guru juga, dan satpol PP," kata Hadi Tjahjanto di lokasi.

Dengan diserahkannya sertifikat tanah secara door to door, Menteri ATR/Kepala BPN memastikan langsung sertipikat yang dibagikan telah sesuai dengan nama penerima sertifikat, luas bidang tanahnya, dan tidak ada praktik pungutan liar yang dilakukan oleh petugas saat proses penerbitan sertifikat.

"Kalau saya lihat di lapangan tidak ada kendala karena masyarakat membantu, pak Bupatinya membantu, aparat di bawah membantu, sinergi kolaborasi antara Kepala Kantor Pertanahan dengan Bupati bagus, didukung Kajari, Kapolres, Dandim membantu makanya tidak ada masalah," lanjutnya.

Terkait program PTSL di seluruh Indonesia, dari target 126 juta bidang tanah, saat ini tanah yang sudah terdaftar berjumlah sekitar 105,2 juta bidang, di mana sekitar 86,5 juta bidang di antaranya sudah bersertifpikat.

Di Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu sendiri, persentase tanah terdaftar sudah mencapai 99,5%, dan ditargetkan akhir tahun 2023 PTSL di Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu dan Kota Administrasi Jakarta Utara rampung 100%.

Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto menyerahkan 386 sertifikat tanah di Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, tepatnya di Pulau Panggang, Jumat (11/8).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News