Menteri Basuki Berharap Masyarakat Maksimalkan Pemanfaatan Bendungan Teripi

Menteri Basuki Berharap Masyarakat Maksimalkan Pemanfaatan Bendungan Teripi
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan pemanfaatan fasilitas ini harus betul-betul dimaksimalkan. Foto: PUPR

jpnn.com, JAKARTA - Bendungan Teripi dan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Kota Balikpapan telah efektif memberi layanan memasok kebutuhan air.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan pemanfaatan Bendungan Teripi dan IPA harus betul-betul dimaksimalkan.

"Dirawat betul bendungan yang sudah jadi dengan penghijauan ditanami pohon dan dimaksimalkan pemanfaatannya, termasuk untuk kebutuhan air baku," ujar Basuki saat kunjungan kerja ke Provinsi Kalimantan Timur, Kamis (7/10).

Basuki mengaku penggunaan air meningkat di masa pandemi COVID-19 karena upaya menjalankan protokol kesehatan.

"Saat pandemi masyarakat lebih sering mencuci tangan dengan air dan untuk mandi," kata Basuki.

Usai memantau kondisi bendungan yang diresmikan pada 2019 lalu, Basuki juga meninjau IPA yang terletak di hilir Bendungan.

Di lokasi IPA Menteri Basuki melihat ruang monitoring 24 jam distribusi air baku dengan kapasitas operasi 150 liter/detik.

"Jika dilihat dari layar monitoring, proses penyaringan air yang berjalan sangat efisien. Dari kapasitas 150 liter/detik, rata-rata yang keluar disalurkan sebesar 140 liter/detik. Ini berarti sedikit sekali air yang dikembalikan dari hasil proses penyaringan/penjernihan," kata Menteri Basuki.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan pemanfaatan fasilitas ini harus betul-betul dimaksimalkan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News