Menteri Basuki Pimpin Penanaman Pohon Serentak di 34 Provinsi

Menteri Basuki Pimpin Penanaman Pohon Serentak di 34 Provinsi
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. FOTO: Dok. JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Dalam rangka aksi nyata penyelamatan hutan, tanah dan air yang menjadi tema dari Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air (GN-KPA), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono didampingi oleh Ibu Kartika Basuki melakukan Penanaman Pohon di Jalan Tol Cikopo-Palimanan, tepatnya di Simpang Kertajati KM 158 di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

“Pada hari ini, kita melakukan secara serentak penanaman pohon yang merupakan salah satu aksi konkrit dan upaya nyata di 34 provinsi untuk memulihkan kondisi daerah aliran sungai. Sekaligus membangun kesadaran masyarakat untuk lebih aktif menanam pohon, dan merawatnya,” ujar Menteri Basuki dalam rilis yang diterima di Jakarta, Jumat (2/12).

Ia menyatakan aksi penanaman pohon serentak ini merupakan bagian dari rangkaian acara Hari Bakti PU ke-71 pada 3 Desember nanti, serta mendukung Hari Penanaman Pohon Indonesia.

"Sebelumnya tanggal 28 November kemarin saya bersama Menteri Lingkungan Hidup mendampingi Bapak Presiden di Tuban untuk menanam pohon dalam rangka Hari Penanaman Pohon," ujar Basuki.

Kegiatan penanaman pohon juga melibatkan siswa-siswi dari 3 sekolah dasar setempat yang bertujuan memupuk budaya menanam pohon, dan mencintai lingkungan sejak dini sesuai dengan tema kegiatan tersebut yaitu Satu Pohon Satu Kehidupan.

Acara dimulai dengan penyerahan pohon secara simbolis dari Menteri Basuki dan Ibu Kartika Basuki kepada masyarakat setempat yang kemudian bersama-sama dilakukan penanaman pohon. Sebanyak 1.500 bibit Pohon Mahoni dengan tinggi minimal 1 meter. Menteri Basuki dalam arahannya usai menanam pohon berpesan kepada warga sekitar untuk turut menjaga pohon-pohon yang ditanam tersebut.

"Yang terpenting setelah ini harus dijaga agar pohonnya tetap hidup. Menanamnya juga jangan hanya disini, tetapi di rumah juga," pesan Basuki di hadapan puluhan siswa siswi SD yang hadir.

Ditambahkan Menteri Basuki, penanaman pohon juga meningkatkan kualitas infrastruktur hijau, bukan hanya sekedar sebagai objek fisik, namun bisa menjadi tempat wisata dan pusat pengembangan sosial-ekonomi masyarakat yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

JAKARTA - Dalam rangka aksi nyata penyelamatan hutan, tanah dan air yang menjadi tema dari Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air (GN-KPA),

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News