Menteri Basuki: Tol Lubuk Linggau - Bengkulu Seksi 3 Diperkirakan Selesai Kuartal I 2022

Menteri Basuki: Tol Lubuk Linggau - Bengkulu Seksi 3 Diperkirakan Selesai Kuartal I 2022
Kementerian PUPR tengah membangun Tol Lubuk Linggau- Bengkulu sepanjang 95,8 kilometer. Foto: Humas Kementerian PUPR.

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membangun ruas Tol Lubuk Linggau- Bengkulu sepanjang 95,8 kilometer. 

Tol Lubuk Linggau - Bengkulu itu dibagi tiga seksi, yakni Seksi 1 Lubuk Linggau- Kapahiang (54,5 kilometer), Seksi 2 Kepahiang - Taba Penanjung (23,7 km), dan Seksi 3 Taba Penanjung - Bengkulu (17,6 km).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan bahwa hadirnya infrastruktur itu akan mendorong mendorong pertumbuhan pusat-pusat ekonomi baru khususnya di kawasan sekitar tol.

"Kehadiran tol akan menurunkan biaya logistik serta memangkas waktu tempuh distribusi barang dan jasa antarwilayah," ujar Menteri Basuki dalam keterangan resmi, Jumat (11/3).

Dia menjelaskan progres konstruksi Seksi 3 Taba Penanjung - Bengkulu sudah mencapai 96,51 persen. Konstruksinya diperkirakan akan selesai dan dapat dioperasikan dalam waktu dekat ini atau Kuartal I 2022  "Seksi 1 dan 2 saat ini masih dalam tahap persiapan," tutur Menteri Basuki.

Dia menambahkan tol tersebut akan terintegrasi dengan Pelabuhan Baai, sehingga pemerintah daerah, pengusaha dan masyarakat dapat memanfaatkannya secara optimal guna meningkatkan perekonomian dan konektivitas wisatawan ke Bengkulu.

Setelah tol ini beroperasi, nantinya pengendara hanya menempuh waktu 1 jam - 2 jam perjalanan saja dari Lubuk Linggau untuk mencapai Kota Bengkulu. 

"Kehadiran tol ini juga akan membuka potensi perekonomian di wilayah Lubuk Linggau yang berada di antara Palembang dan Bengkulu," pungkas Basuki Hadimuljono. (mcr18/jpnn)

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan Tol Lubuk Linggau- Bengkulu Seksi 3 diperkirakan selesai pada Kuartal I 2022.


Redaktur : Boy
Reporter : Mercurius Thomos Mone

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News