Menteri BUMN: Revitalisasi Industri Gula Nasional untuk Ketahanan Pangan dan Energi

Menteri BUMN: Revitalisasi Industri Gula Nasional untuk Ketahanan Pangan dan Energi
Menteri BUMN Erick Thohir saat kick off Revitalisasi Industri Gula Nasional untuk Ketahanan Pangan dan Energi, di Mojokerto, Jawa Timur, Senin (10/10). Foto dok Holding PTPN

jpnn.com, MOJOKERTO - Kementerian BUMN melalui Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) melakukan transformasi pangan.

Langkah yang dilakukan, salah satunya dengan melakukan restrukturisasi menyeluruh terhadap bisnis gula PTPN Group.

Hal itu diharapkan akan mendukung percepatan swasembada gula untuk kedaulatan pangan, serta mendorong terwujudnya energi baru terbarukan (EBT).

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, salah satu program prioritas pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi, selalu menekankan pembangunan ekosistem, di mana Indonesia harus dapat mengatasi ketergantungan terhadap rantai pasok dunia, khususnya untuk sektor pangan dan energi.

“Pak  Presiden  selalu  mendorong  agar  ada  solusi.  Dan karena  itu  kani sekarang  terus mendorong bagaimana hilirisasi industri gula ini sudah menjadi kenyataan dan bukan hanya sekadar rencana,“ ujar Erick, dalam Kick off Revitalisasi Industri Gula Nasional untuk Ketahanan Pangan dan Energi, di Mojokerto, Jawa Timur, Senin (10/10).

Peresmian tersebut, menandai dimulainya penataan organisasi PTPN Group melalui pembentukan PT Sinergi Gula Nusantara (SGN), yang akan berperan besar dalam mendukung ketahanan pangan dan energi.

“Pembentukan  PT  SGN ini  membuktikan  bahwa  BUMN siap membangun ekosistem bisnis di tengah ketidakpastian industri pangan dan global,” ujarnya.

Erick menyampaikan, transformasi dari Holding Perkebunan Nusantara sejatinya sudah berjalan dengan baik. Pembentukan PT Sinergi Gula Nusantara (SugarCo), PT Sinergi Sawit Nusantara (PalmCo), dan PT Aset Manajemen Nusantara (SupportingCo), merupakan bagian  dari  Proyek  Strategis  Nasional  yang  terus  dikawal  oleh  pemerintah.

Pembentukan PT SGN ini membuktikan bahwa BUMN siap membangun ekosistem bisnis di tengah ketidakpastian industri pangan dan global.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News