Menteri di KIB II Minus Jiwa Negarawan

Menteri di KIB II Minus Jiwa Negarawan
Menteri di KIB II Minus Jiwa Negarawan
JAKARTA - Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II bentukan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat ini dinilai tidak memperlihatkan sikap dan jiwa kenegarawanan. Karenanya, di KIB II juga tidak memunculkan tokoh yang mumpuni.

"Para menteri KIB II tidak ada memperlihatkan kemampuan negarawan dalam memimpin bangsa sehingga tidak muncul calon pemimpin negara yang mumpuni," kata  Direktur Negarawan Center, Johan O Silalahi kepada pers, di Jakarta, Kamis (3/5).

Johan justru mempertanyakan para menteri di KIB II yang tidak memanfaatkan posisinya dengan baik untuk memperlihatkan kemampuan, kepemimpinan, dan sikap kenegarawanannya sebagai penyelenggara negara. “Saya jadi bertanya-tanya, apakah kemampuan para menteri memang hanya sebatas pembantu presiden saja, atau karena kesalahan presiden dalam memilih pembantunya?” tanya dia.

 

Lebih lanjut Johan yang juga juga Ketua Koordinasi Polhukam di Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) ini mengatakan, idealnya kandidat presiden mendatang muncul dari tokoh yang kini duduk sebagai menteri. Hal itu bisa terjadi apabila jika yang dipilih SBY untuk menjadi menteri adalah sosok yang memiliki kapasitas dan kapabilitas sebagai pemimpin, bukan sekedar pembantu presiden yang menjalankan program kementeriannya.

JAKARTA - Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II bentukan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat ini dinilai tidak memperlihatkan sikap dan jiwa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News