Menteri ESDM Layak Direshuffle

Menteri ESDM Layak Direshuffle
Menteri ESDM Layak Direshuffle
JAKARTA – Menteri Energi Sumber Daya dan Mineral, Darwin Zahedy Saleh menyatakan pasrah seandainya Presiden SBY mengganti dirinya dari kursi Kabinet Indonesia Bersatu II. Menurutnya, jabatan menteri merupakan amanah, dan reshuffle adalah kewenangan penuh presiden. Namun dia mengaku, sejauh ini isu reshuffle itu tak megganggu kinerjanya.  “Saya serahkan sepenuhnya kepada Bapak Presiden,” kata Darwin di Jakarta, Rabu (28/9).

Ia menegaskan bakal terus bekerja dengan baik dan tidak mau terganggu oleh isu reshuffle yang merebak belakangan ini. Dirinya menuturkan, telah menjalankan amanah yang diberikan dengan penuh tanggung jawab. Meski masih banyak pekerjaan rumah yang mesti dikerjakan, seperti pencapaian produksi minyak mentah, penyelesaian proyek pembangunan pembangkit berkapasitas 10.000 MW tahap pertama dan kedua, pengendalian bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. “Itu merupakan sejumlah tantangan kita ke depan,” ucapnya.

Presiden Yudhoyono pekan lalu sudah memberikan sinyal kuat akan melakukan reshuffle. Posisi Menteri ESDM disebut-sebut menjadi salah satu yang akan dilakukan pergantian seiring dengan memburuknya kinerjanya. Bahkan kabar yang berkembang menteri asal Partai Demokrat tersebut kurang akur dengan bawahannya dan sering telat rapat koordinasi.

 

Pengamat perminyakan Pri Agung Rakhmanto menilai Darwin layak diganti. Karena menurutnya sejauh ini belum ada prestasi atau kebijakan tegas dan menonjol yang bisa diambil selama sektor ESDM berada di bawah kepemimpinannya. “Menurut saya, kalau melihat prestasi kinerjanya selama ini pantas direshuffle,” katanya. “Bisa dilihat subsektornya lah. Kementerian ESDM ini seperti mengalami disorientasi kebijakan. Arahnya mau ke mana. Seperti tidak ada prioritas yang mau dilakukan,”imbuhnya.

JAKARTA – Menteri Energi Sumber Daya dan Mineral, Darwin Zahedy Saleh menyatakan pasrah seandainya Presiden SBY mengganti dirinya dari kursi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News