Menteri Ini Kemungkinan Besar Tak Akan Dicopot

Menteri Ini Kemungkinan Besar Tak Akan Dicopot
Menpan-RB Asman Abnur. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo kemungkinan besar tidak akan mencopot Asman Abnur dari jabatan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB). 

Untuk diketahui, Asman merupakan menteri dari Partai Amanat Nasional (PAN) yang merupakan partai pendukung pemerintah. Namun sikap PAN berseberangan dengan pemerintah dalam rapat paripurna DPR saat pengambilan keputusan pengesahan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2/2017 tentang Ormas, menjadi Undang-Undang Ormas yang baru.

"Menpan RB kemungkinan tidak akan di-reshuffle,” ujar pengamat politik Ujang Komarudin kepada JPNN, Sabtu (28/10).

Pengajar di Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) ini mengutarakan pandangannya berdasarkan beberapa alasan. Di antaranya, karena Presiden Joko Widodo harus menjaga keseimbangan politik jelang tahun politik Pemilu 2019.

"Selain itu Presiden Jokowi tentunya juga tidak sedang mencari musuh. Karena sudah mendekati tahun politik," ucapnya.

Meski demikian Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) ini menyebut semua kemungkinan bisa saja terjadi. Karena jabatan menteri tetap saja jabatan politis, meski hak prerogatif presiden.(gir/jpnn)


PAN merupakan partai pendukung yang memilih berseberangan dengan pemerintah dan parpol pengusung pemerintah saat pengambilan keputusan Perppu Ormas


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News