Menteri LHK Berikan Solusi Persoalan Sampah Desa Bangun

Menteri LHK Berikan Solusi Persoalan Sampah Desa Bangun
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Siti Nurbaya saat melakukan kunjungan kerja ke Desa Bangun, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Jumat (26/2). Foto: KLHK

jpnn.com, MOJOKERTO - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bersama Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Timur dan Kabupaten Mojokerto serta akademisi Universitas Airlangga dan Institute Teknologi Surabaya (ITS) menyiapkan solusi bagi masyarakat Desa Bangun, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur agar tetap mendapat penghasilan dengan tidak mengolah sampah impor lagi.

Setelah sempat menjadi sorotan tahun lalu, secara fisik lokasi permukiman warga Desa Bangun, sudah jauh lebih bersih karena masyarakat sudah tidak lagi melakukan pilah sampah sisa impor dari pabrik kertas.

Menteri LHK Siti Nurbaya di Pendopo Desa Binangun bersama Plt Bupati Mojokerto dan Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah B3 (PSLB3), Rosa Vivien Ratnawati, menyampaikan masyarakat Desa Bangun tetap memerlukan akses untuk kesejahteraannya.

Menteri LHK Berikan Solusi Persoalan Sampah Desa Bangun

Menteri LHK Siti Nurbaya di Pendopo Desa Binangun bersama Plt Bupati Mojokerto dan Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah B3 (PSLB3), Rosa Vivien Ratnawati. Foto: KLHK

Oleh karena itu, pemerintah segera membantu fasilitasi dan mendorong langkah-langkah agar masyarakat tetap produktif.

“Hari ini saya sudah melihat kondisinya di lapangan. KLHK segera konsolidasikan langkah-langkah yang bisa dilakukan, khususnya di bidang LHK. Akan terus kami intensifkan agar masyarakat dapat bangkit perekonomiannya,” kata Menteri Siti, saat melakukan kunjungan kerja ke Desa Bangun, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Jumat (26/2).

Menteri Siti menegaskan beberapa langkah yang secara nyata bisa dilakukan segera adalah menyiapkan Fasilitas Pusat Daur Ulang yang akan menyerap tenaga kerja. Juga menyiapkan masyarakat membangun Bank Sampah bagi sekitar 800-1000 KK.

KLHK bersama Pemprov Jawa Timur dan Kabupaten Mojokerto serta akademisi Universitas Airlangga dan ITS menyiapkan solusi bagi masyarakat Desa Bangun, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur agar tetap mendapat penghasilan dengan tidak mengolah sampah impor.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News