Menteri LHK: Pertemuan ke-34 ASOEN Perkuat Komitmen untuk Alam Lebih Baik

Menteri LHK: Pertemuan ke-34 ASOEN Perkuat Komitmen untuk Alam Lebih Baik
Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar pada pembukaan ASEAN Senior Officials on the Environment (ASOEN) ke-34 di Bogor, Selasa (1/8/2023). Foto: ANTARA/HO-KLHK

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar menghadiri acara pembukaan pertemuan Pejabat Senior ASEAN untuk Lingkungan atau ASEAN Senior Officials on the Environment (ASOEN) ke-34 di Bogor, Jawa Barat, Selasa (1/8)

Siti Nurbaya mengatakan, kegiatan tersebut merupakan momentum untuk memperkuat komitmen negara-negara anggota ASEAN untuk planet yang lebih baik.

"Pertemuan ke-34 ASOEN dan pertemuan terkait merupakan agenda penting untuk memperkuat komitmen kita untuk planet yang lebih baik,” kata Siti Nurbaya pada pembukaan ASOEN-34 di Bogor, Jawa Barat, Selasa.

Menteri Siti mengajak negara anggota ASEAN untuk menegaskan kembali keteguhannya dalam melakukan upaya terbaik untuk mengatasi perubahan iklim dengan tindakan yang kuat dan efektif, yang mencerminkan kesetaraan keadaan nasional.

Siti Nurbaya mendorong seluruh anggota ASEAN untuk lebih meningkatkan dokumen kontribusi yang ditetapkan secara nasional (NDC) dan memobilisasi pembiayaan dari semua sumber dengan cara yang dapat diprediksi, memadai, dan tepat waktu untuk menangani perubahan iklim.

"Termasuk secara signifikan meningkatkan dukungan untuk negara-negara berkembang," ujar Siti Nurbaya.

Menteri LHK Siti Nurbaya mengungkapkan bahwa Indonesia memandang pengelolaan sumber daya air yang baik, sangat penting untuk mencapai agenda pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

Dalam konteks ini, kata dia, Indonesia terus mempercepat pengurangan pencemaran air, pengelolaan daerah aliran sungai (DAS) yang baik.

Menteri LHK Siti Siti Nurbaya mengajak negara anggota ASEAN menegaskan kembali keteguhannya dalam mengatasi perubahan iklim.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News