Menteri LHK: Kami Sedang Menata Perlindungan dan Rehabilitasi Mangrove

Menteri LHK: Kami Sedang Menata Perlindungan dan Rehabilitasi Mangrove
Menteri LHK, Siti Nurbaya mengatakan sedang menata mangrove nasional termasuk kawasan Kalimantan Timur. Foto: Humas KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengatakan sedang menata mangrove nasional termasuk kawasan Kalimantan Timur.

Menurut dia, dari pantai timur sampai utaramemiliki banyak sekali mangrove.

"Belum lagi mangrove  di delta-delta sungai sampai ke dalam, juga yang dekat wilayah IKN itu semua sedang kami tata," ucap dia saat mengunjungi Pusat Informasi Mangrove (PIM) Delta Mahakam yang berlokasi di Desa Saliki, Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Minggu (4/4).

Siti mengatakan, untuk percepatan perlindungan dan rehabilitasi mangrove nasional yang menjadi instruksi langsung Presiden Jokowi, maka ketersediaan persemaian mangrove modern dan berkapasitas besar perlu disiapkan.

Persemaian modern mangrove di PIM Delta Mahakam dirancang dengan luas 25 hektare.

Kapasitas produksi bibit mangrove dirancang mencapai 10 juta bibit per tahun dengan siklus produksi 2-3 kali per tahun.

PIM Delta Mahakam yang terletak kurang lebih 1 jam dari Bandara APT Pranoto Samarinda cukup potensial jadi lokasi persemaian modern mangrove.

"Karena telah terdapat beberapa infrastruktur terbangun seperti Kantor, mess karyawan, dermaga, aula dan rumah," beber dia.

Menteri LHK Siti Nurbaya mengatakan sedang menata mangrove nasional termasuk kawasan Kalimantan Timur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News