Menteri Malaysia Temui Menpora soal Merah Putih Terbalik, Ini Hasilnya

Menteri Malaysia Temui Menpora soal Merah Putih Terbalik, Ini Hasilnya
Menpora Imam Nahrawi bersama Ketua KOI Erick Thohir usai menggelar pertemuan dengan Menteri Belia dan Sukan Malaysia Khairy Jamaluddin di Kuala Lumpur, Minggu (20/8) terkait gambar Merah Putih terbalik. Foto: Kemenpora

jpnn.com, KUALA LUMPUR - Protes keras dan kekecewaan Indonesia atas keteledoran panitia SEA Games 2017 Kuala Lumpur, Malaysia yang memasang Sang Dwiwarna secara terbalik membuat pemerintah negeri jiran itu segera bersikap. Menteri Belia dan Sukan Malaysia Khairy Jamaluddin langsung menemui Menpora Imam Nahrawi di Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (20/8) siang. 

Khairy bermaksud menjelaskan tentang gambar bendera Merah Putih dalam booklet cendera mata SEA Games Kuala Lumpur yang terbalik. Khairy mengakui bahwa hal itu merupakan kesalahan besar.

"Saya baru tadi mengadakan pertemuan dengan Pak Imam (Menpora) berkenaan dengan kesalahan yang dibuat tuan rumah (Malaysia) dalam pencetakan buku cendera mata yang diedarkan ke tamu kehormatan semalam.  Di mana ada kesalahan besar percetakan bendera Indonesia yang dicetak terbalik. Ini suatu kesalahan yang besar dan saya sebagai pihak tuan rumah telah memohon maaf kepada Pak Imam selaku menpora dan memohon maaf kepada seluruh rakyat Indonesia," kata Khairy di hadapan awak media.

Menurutnya, posisi bendera Merah Putih yang terbalik bukanlah karena kesengajaan. Namun, katanya, ketidaksengajaan itu tetap merupakan kesalahan serius.

"Ini tidak disengaja tetapi sesuatu yang  memang kesalahan kami, dan ini kesalahan  yang besar hingga merusak image Indonesia. Untuk itu saya telah memerintahkan supaya semua buku tak diedarkan lagi dan akan dibuat cetakan baru, dibuat untuk dibetulkan dan akan dikirim kembali ke tamu negara yang hadir di acara pembukaan," tambahnya.

Khairy menambahkan, pemerintah Kerajaan Malaysia juga akan menyampaikan permintaan maaf secara resmi secara lisan dan tertulis. Dia mengharapkan insiden itu tak berlanjut.

"Permohonan maaf resmi akan dikeluarkan dari Kerajaan Malaysia, termasuk permohonan resmi saya kepada Bapak Imam secara lisan dan tertulis sebagai bentuk permohonan maaf atas yang berlaku. Atas semangat setia kawan dan serumpun, permohonan maaf dapat dipertimbangkan oleh masyarakat dan kita bisa terus membina hubungan yang baik antar kedua negara, dan tanggung jawab kita memastikan selama SEA Games kita bisa mempererat silaturahmi dan persahabatan Malaysia dan Indonesia," tegas Khairy. 

Sedangkan Menpora Imam Nahrawi memaklumi hal yang disampaikan Khairy. Namun, dia tetap mewanti-wanti Malaysia agar hal serupa tak terulang lagi.

Protes keras dan kekecewaan Indonesia atas keteledoran panitia SEA Games 2017 Kuala Lumpur, Malaysia yang memasang Sang Dwiwarna secara terbalik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News