Menteri Marwan Minta Pemda Susun Peta Desa

Menteri Marwan Minta Pemda Susun Peta Desa
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) Marwan Jafar. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) Marwan Jafar meminta pemerintah daerah menyusun peta desa. Menurutnya, peta desa penting sebagai pegangan dalam pembangunan nasional berbasis desa dan pinggiran.

Marwan mengatakan, peta desa bisa menjadi database. Sebab, isinya memuat batas wilayah, potensi, kondisi infrastruktur, demografi dan informasi lainnya sehingga  proses percepatan pembangunan dapat dilaksanakan secara akurat.  

“Jadi peta dalam skala besar ini akan menampilkan desa sesuai dengan kaidah kartografis, yang akan mendukung pelaksanaan amanah Undang-Undang Desa,” ujar Marwan pada acara peluncuran peta desa, Selasa (16/2).

Marwan berharap langkah Kementerian DPDTT menerbitkan peta desa bisa diikuti oleh seluruh pemerintah daerah. Dengan demikian, nantinya setiap pengambilan keputusan terkait nasib desa bisa mengacu pada peta itu.

Lebih lanjut Marwan menjelaskan, Indonesia memiliki 74.093 desa dan 8.412 kelurahan. “Kalau desa dan kelurahan ini semuanya sudah terpetakan secara detail, baik batas wilayah, potensi dan infrastrukturnya, kebijakan-kebijakan yang akan diambil untuk mengembangkan ekonomi daerah akan jelas. Jadi tidak akan salah sasaran,” ujar Marwan.(gir/jpnn)

JAKARTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) Marwan Jafar meminta pemerintah daerah menyusun peta desa. Menurutnya,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News