Menteri Nasir Ingin Banyak Profesor di Bawah 40 Tahun

Menteri Nasir Ingin Banyak Profesor di Bawah 40 Tahun
Menteri Nasir di RS Universitas Hassanudin, Kamis (30/11). Foto: istimewa for jpnn

jpnn.com, SEMARANG - Menristekdikti Mohamad Nasir menyoroti minimnya jumlah profesor di Indonesia. Saat ini jumlah profesor hanya sekira 5.500 orang. Begitu juga jumlah doktoralnya hanya sekira 35 persen dari total dosen secara nasional. Padahal harusnya di atas 60 persen.

"Dosen-dosen di perguruan tinggi harus dirangsang untuk menjadi profesor. Sekarang kebanyakan profesor tua. Yang repot kalau mereka (profesor tua) sudah pensiun atau meninggal, makanya harus didorong dosen-dosen muda untuk menjadi guru besar," kata Menteri Nasir usai menyaksikan pengukuhan Prof Dr Agus Hermanto di Universitas Negeri Semarang (Unnes), Rabu (25/7).

BACA JUGA: Gede Widiade Tunjuk Satia Bagdja Jadi Pelatih Baru Persiba Balikpapan

Dia berharap gelar profesor yang diraih Agus bisa menambah guru besar di Indonesia. Di samping merangsang dosen-dosen muda untuk mengejar gelar doktoral dan guru besar. Mengingat Agus adalah politikus Demokrat yang juga wakil ketua DPR RI dengan seabrek kesibukannya.

"Meski sibuk sebagai wakil rakyat, Prof Agus bisa melaksanakan tugasnya sebagai dosen di Unnes dan melakukan riset kemudian mempublikasikannya dalam jurnal internasional bereputasi. Dosen-dosen muda jangan kalah," terangnya.

Menteri Nasir menambahkan, jumlah dosen di Indonesia ada sekitar 290 ribu orang. Idealnya, jumlah profesornya minimal 10 persen atau 29 ribu orang. Sementara profesor yang ada hanya 5.500. Angka ini sangat jauh dari ideal.

Dia mengungkapkan, banyak kendala dalam pencapaian gelar guru besar. Salah satunya masalah publikasi internasional yang bereputasi. Dosen-dosen muda terbilang malas menulis jurnal ilmiah.

BACA JUGA: Usut Kasus Suap Gubernur Kepri, KPK Kembali Geledah Sembilan Lokasi

Menristekdikti Mohamad Nasir menyoroti minimnya jumlah profesor di Indonesia. Saat ini jumlah profesor hanya sekira 5.500 orang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News