Menteri Siti: KLHS Ibu Kota Baru Selesai November Ini

Menteri Siti: KLHS Ibu Kota Baru Selesai November Ini
Menteri LHK Siti Nurbaya. Foto: Humas KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menetapkan lokasi ibu kota baru negara di ditetapkan Presiden Jokowi, yaitu di sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Menindaklanjuti rencana pemindahan tersebut, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mulai menyiapkan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) yang berguna untuk memberikan arahan-arahan perlindungan dan kriteria-kriteria pengaman lingkungan (environmental safeguards) dalam penyelesaian masterplan ibu kota negara.

“Untuk awal November harus sudah selesai, KLHS ini sebagai safeguards yang harus dibangun lebih dahulu,”kata Menteri LHK Siti Nurbaya dalam keterangannya, Kamis (19/9).

Menteri LHK juga berpesan agar KLHS yang akan disusun dengan cepat ini tetap memperhatikan prosedur yang benar, namun diutamakan menyasar pada kajian atas isu-isu penting yang membutuhkan perhatian dalam proses pemindahan IKN.

Dia juga meminta agar penyusunan KLHS ini mengajak sebanyak mungkin pihak untuk berdialog, serta secara cerdas harus diperkuat komunikasi publiknya.

“Saya minta dalam penyususnan KLHS ini dialog-dialognya diperkuat, bukan hanya merangkum dari data dokumen saja. Karena perencanaan yang benar itu adalah yang dialogis,” tegas Menteri Siti.

Penyusunan KLHS cepat ini akan bersifat terbuka, oleh karenanya mengharapkan banyak masukan dari berbagai lapisan masyarakat, serta dipastikan akan ada proses konsultasi langsung dengan pihak Pemerintah Daerah, kelompok masyarakat setempat, para akademisi, dan pemerhati.

Selama bulan September dan Oktober 2019, KLHS difokuskan pada identifikasi isu-isu penting dan mendesak di dua wilayah kabupaten yang ditunjuk sebagai calon ibu kota negara, sehingga diharapkan diperoleh gambaran umum tentang kemampuan daya dukung lingkungan hidup di wilayah tersebut serta potret persoalan lingkungan dan keanekaragaman hayati yang ada.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menetapkan lokasi ibu kota baru negara di ditetapkan Presiden Jokowi, yaitu di sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News