Menteri Siti Nurbaya Pimpin Penanaman Pohon Serentak di 34 Provinsi

Menteri Siti Nurbaya Pimpin Penanaman Pohon Serentak di 34 Provinsi
Menteri LHK Siti Nurbaya melakukan penanaman pohon di Kabupaten Karangasem, Bali. Foto: KLHK

jpnn.com, BALI - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya melaksanakan penanaman pohon dalam tajuk 'Kaum Muda Menanam' di Kabupaten Karangasem, Bali, Minggu (19/12).

Bersama para generasi muda yang tergabung di Green Leaders Indonesia (GLI), kegiatan penanaman itu dilakukan serentak bersama para generasi muda lainnya di 34 Provinsi di Indonesia.

Kegiatan itu bertujuan memfasilitasi para kaum muda melakukan kerja lapangan bersama, inklusif, dan membangun kesadaran untuk pemulihan lingkungan.

Penanaman itu melibatkan sekitar 10 ribu pemuda dari seluruh provinsi di Indonesia dengan total jumlah bibit pohon yang ditanam sebanyak 86 ribu bibit.

Menteri Siti berharap kegiatan tersebut bisa menciptakan kolaborasi dan inklusi kerja antara pemerintah pusat, daerah, serta masyarakat dalam memulihkan lingkungan.

"Yang paling penting sekarang adalah bagaimana kita bersama-sama menyelesaikan, membantu, bekerja dengan fasilitasi pemerintah pusat dan daerah untuk memulihkan lingkungan," kata Siti, Minggu (19/12).

Dia juga menyampaikan apresiasi GLI yang memprakarsai kegiatan penanaman di seluruh Indonesia.

Politikus Partai Nasdem itu mengatakan lokasi penanaman di Desa Datah, Karangasem, Bali sebagai salah satu bentuk Usaha Pengelolaan Sumberdaya Alam (UPSA).

UPSA adalah upaya konservasi tanah dan air komprehensif pada sebidang lahan kering yang dipergunakan sebagai tempat untuk memperagakan teknik-teknik konservasi tanah dan air.

Adapun upaya yang bisa dilakukan ialah pembuatan teras dan saluran pembuangan air serta intensifikasi usaha tani yang baik dengan memperhatikan kemampuan dan kesesuaian lahan.

Selain itu, UPSA juga berguna dalam memitigasi kebencanaan, terutama untuk menghadapi tantangan perubahan iklim, termasuk bencana hidrometeorologi.

"Kita tahu ada cara untuk mengelola alam dengan baik, dan seharusnya kita bekerja seperti itu," ucap Menteri Siti. (mcr9/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Menteri LHK Siti Nurbaya melaksanakan penanaman pohon bersama generasi muda yang tergabung dalam GLI.


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Dea Hardianingsih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News