Menteri Siti: Program Perhutanan Sosial Sudah Berjalan

Menteri Siti: Program Perhutanan Sosial Sudah Berjalan
Menteri LHK Siti Nurbaya saat memimpin Upacara Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2017. Foto: Humas KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Siti Nurbaya mengatakan program perhutanan sosial sebagai bagian dari agenda pemerintah melakukan pemerataan ekonomi telah berjalan meskipun belum dilaunching secara resmi.

Ini dikatakan Siti saat ditanya tentang arahan Presiden Joko Widodo saat sidang kabinet paripurna di Istana Negara Jakarta, Senin (2/10). Saat itu, Jokowi -sapaan presiden- berharap perhutanan sosial dan reforma agraria sudah berjalan bulan Oktober 2017 ini.

Siti menyebutkan, kedua program tersebut sudah dibahas secara mendalam di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Terkait perhutanan sosial, identifikasi lapangannya pun telah selesai dilakukan.

"Identifikasi lapangan sudah selesai. Kan identifikasi sudah ketahuan seluruh provinsi 12 juta hektare, di Pulau Jawa saja 400 ribuan hektare. Itu sudah ketahuan, tapi itu kan secara menyeluruh," ujar Siti.

Pada tahap implementasinya, kata dia, memang harus dicek satu per satu ke kabupaten untuk melihat lokasi lahannya. Termasuk menghitung luas area kawasan hutan yang akan diberikan akses kepada masyarakat.

"Itu yang disebut preparasi lapangan. Itu sebagian siap. Itu yang disebut dilaunching dilaunching, sebetulnya bukan launching, sudah langsung implementasi," jelas Siti.(fat/jpnn)


Meski belum diluncurkan secara resmi, program perhutanan sosial sudah dijalankan oleh Kementerian LHK


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News