Menteri Siti: Sayangi Bumi, Buang Sampah pada Tempatnya

Menteri Siti: Sayangi Bumi, Buang Sampah pada Tempatnya
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar bersama pelajar peserta lomba. Foto: Natalia Fatimah Laurens/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar mengajak masyarakat dan generasi muda untuk berpartisipasi menjaga kebersihan lingkungan dan mencegah warga yang buang sampah sembarangan.

Ini disampaikan Menteri Siti saat meresmikan Peluncuran Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2018 di Gedung KLHK pada Sabtu (20/1).

Kegiatan ini diramaikan dengan sejumlah kegiatan menarik untuk mengajak ratusan anak-anak dan generasi muda dari sejumlah sekolah untuk bersama menjaga lingkungan. Mulai dari lomba menulis jurnalistik sesuai tema yang diikuti oleh pelajar SMP dan SMA.

Kemudian lomba melukis yang diikuti oleh pelajar sekolah dasar.

"Kegiatan ini untuk mengajak dan mengajarkan pada anak-anak dan generasi muda langkah-langkah bersama menjaga kebersihan. Karena kalau enggak nanti bumi dan lingkungan ini akan dibebani dengan sampah. Seterusnya kita akan bersama-sama membersihkan sampah dari bumi kita," ujar Menteri Siti dalam sambutannya di sela penyelenggaraan lomba bersama anak-anak dan pelajar.

Menurut Menteri Siti, kegiatan menarik penting seperti ini penting untuk mempromosikan cara menjaga lingkungan pada generasi muda.

Apalagi, saat ini sindrom NIMBY (not in my back yard) masih terus menghantui lingkungan di tanah air.

NIMBY yang berpola membuang dan membakar merupakan akibat dari disposable-isme sehingga membentuk pola menyampah masih terus berlangsung di kalangan masyarakat.

Menteri Siti Nurbaya mengingatkan semua kalangan untuk berpartisipasi menjaga kebersihan lingkungan hidup.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News