Menteri Siti: Transformasi Ekonomi Lingkungan Indonesia Menuju Titik Keseimbangan

Menteri Siti: Transformasi Ekonomi Lingkungan Indonesia Menuju Titik Keseimbangan
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya menerima penghargaan seusai memberikan kuliah umum pada rangkaian perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-54 Media Indonesia di Jakarta, Kamis (1/2/2024). Foto: Humas KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya memberikan kuliah umum pada rangkaian perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-54 Media Indonesia di Jakarta, Kamis (1/2/2024).

Pada kesempatan tersebut, Menteri Siti membahas Transformasi Ekonomi Lingkungan Indonesia Menuju Titik Keseimbangan.

Menteri Siti menyampaikan kita harus terus mengikuti turbulensi dan berproses menuju sebuah titik keseimbangan ekonomi dan lingkungan.

Pada saat yang sama, kita terus membangun paradigmatik pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan, dengan pijakan sustainability dengan pendekatan environment, social dan governance (ESG).

“Kita terus ikuti turbulensinya. Saya percaya turbulensi masih akan terus berjalan, karena di lingkungan disebutnya homeostasis, turbulensi yang terus bergerak secara spiraltik, bukan linier. Saya setuju dalam hal ini ESG yang menjadi pegangan,” ujar Menteri Siti.

Kemudian, Menteri Siti menjelaskan selama hampir 10 tahun ini, kita berbicara tentang situasi kompleksitas masalahnya.

Sebetulnya masalah itu sudah diketahui, tetapi lantas membedahnya seperti apa, kemudian bagaimana langkah-langkah korektifnya.

Selain itu, didapatkan juga persoalan apa yang menjadi kunci seperti deforestasi, kebakaran hutan dan lahan (karhutla), hutan sosial, karbon dan kebijakan alokasi sumber daya serta tentu saja instrumen-instrumen perencanaan pengawasannya.

Menteri Siti Nurbaya pada rangkaian perayaan HUT ke-54 Media Indonesia berbicara tentang Transformasi Ekonomi Lingkungan Indonesia Menuju Titik Keseimbangan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News