Menteri Siti Uraikan Status Hutan Indonesia ke WNI di Roma

Menteri Siti Uraikan Status Hutan Indonesia ke WNI di Roma
Menteri LHK, Siti Nurbaya (kiri) menyampaikan perkembangan kehutanan Indonesia kepada WNI di Roma. Foto: KLHK

jpnn.com, ROMA - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya melakukan pertemuan dengan masyarakat Indonesia di Roma, Italia, Selasa (17/7) waktu setempat.

Dalam kesempatan itu, Menteri Siti menyampaikan tindakan korektif yang telah dilaksanakan pemerintah RI di bidang kehutanan.

Menurut Siti, Indonesia telah melakukan perubahan besar dalam pengelolaan hutan menuju perspektif baru keberlanjutan dengan mengatasi masalah perubahan iklim, mengelola kelestarian hutan produksi, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan memastikan ketersediaan lahan bagi masyarakat.

Antara lain dengan mempromosikan pengelolaan sumber daya hutan lestari, mencegah deforestasi dan degradasi hutan lebih lanjut, menyelesaikan konflik kepemilikan lahan hutan, melindungi keanekaragaman hayati dan mengelola ekosistem gambut dengan bijak, meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, serta mempromosikan pengelolaan hutan berkelanjutan yang berorientasi pada masyarakat dengan partisipasi bisnis.

Masyarakat RI di Roma juga memberikan apresiasi kepada pemerintah di bawah pimpinan Presiden Joko Widodo terhadap upaya pengendalian karhutla.

Acara ini dihadiri oleh Duta Besar RI Roma, Esti Andayani, dan jajaran Kedubes, masyarakat dan Pelajar Indonesia di Roma. Turut hadir Direktur Jenderal (Dirjen) Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan KLHK, Prof. Sigit Hardwinarto, Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim KLHK, Dr. Ruanda Agung Sugardiman, Tenaga Profesional Lembaga Pertahanan Nasional Prof. Dadan Umar Daihani dan Dr. Rosita Sofyan Noer, Dr. Dwisuryo Indroyono Susilo dan Dr. Efransjah.

Menteri Siti Uraikan Status Hutan Indonesia ke WNI di Roma
Menteri Siti Uraikan Status Hutan Indonesia ke WNI di Roma

Pada sesi diskusi, perwakilan masyarakat menanyakan kurangnya dokumentasi film/video yang lengkap dan menarik, bagaimana pengelolaan sampah plastik, implementasi Reforma Agraria, perhutanan sosial. (adv/jpnn)

Menteri LHK Siti Nurbaya menyampaikan tindakan korektif yang telah dilaksanakan pemerintah RI di bidang kehutanan kepada masyarakat Indonesia di Roma.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News