Menteri Sofyan Puji Solidaritas Diaspora Aceh Merespons Bencana

Menteri Sofyan Puji Solidaritas Diaspora Aceh Merespons Bencana
Menteri ATR Sofyan Djalil (tengah) bersama para tokoh masyarakat Aceh di perantauan di wilayah Se-Jabodetabek, Banten, dan Jawa Barat saat acara penggalangan dana untuk korban gempa Pidie Jaya di Mess Aceh Jakarta, Rabu (14/12). FOTO: M Fathra NI/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan Djalil memuji solidaritas diaspora Aceh se Jabodetabek, Banten dan Jawa Barat, dalam merespon bencana gempa bumi di Pidie Jaya.

Diketahui, masyarakat Aceh perantauan yang tergabung dalam organisasi Taman Iskandar Muda, serta warga Serambi Mekah keturunan Tionghoa menggalang donasi untuk korban gempa. Sejauh ini jumlah dana yang dihimpun sudah mencapai Rp 4 miliar.

"Saya secara pribadi berterimakasih kepada donatur, atas nama masyarakat Aceh korban bencana, ini apresiasi luar biasa. Sebagai komponen bangsa menunjukkan solidaritas. Dimana ada musibah semua turun tangan," kata Sofyan saat konferensi pers di Mess Aceh Jakarta, Rabu (14/12).

Apa yang dilakukan diaspora Aceh dan komponen masyarakat lainnya untuk korban gempa, merupakan kepedulian bersama meringankan beban saudara-saudara yang terkena musibah.

"Ini bukti solidaritas bangsa kita, meningkatkan kesadaran berbangsa. Bapak Presiden pulang dari Iran nanti akan langsung ke Aceh, melihat kondisi di lapangan. Pemerintah sendiri tidak akan mampu menyelesaikan sendiri. Maka kita bersama bahu membahu," tambahnya.

Ketua Umum PP Taman Iskandar Muda Surya Dharma mengatakan gempa Pidie Jaya dirasakan cukup besar oleh masyarakat di sana. Bahkan, kondisi korban hampir sama dengan gempa Desember 2004 silam.

"Ini satu keprihatinan kita bangsa Indonesia. Ada 100 ribu kepala keluarga lebih yang berhimpun di organisasi ini. Musibah di Aceh merupakan musibah kami yang domisili di Jakarta," kata Surya, saat konferensi pers di sela-sela acara itu.

Dia mengatakan sebagai respon dari diaspora Aceh di Jabodetabek, Banten dan Jawa Barat, telah mendirikan posko di Sekretariat Setiabudi Barat No.1, sekretariat PP Taman Iskandar Muda, Jakarta. Dia bersyukur karena dukungan terhadap tim begitu besar.

JAKARTA - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan Djalil memuji solidaritas diaspora Aceh se Jabodetabek, Banten dan Jawa Barat, dalam merespon

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News