Menteri Sudirman Jamin PLN Tidak Rugi

Menteri Sudirman Jamin PLN Tidak Rugi
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Negosiasi harga listrik antara Kementerian ESDM dan PLN terkait dengan pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMH) masih buntu. PLN menilai tarif yang ditetapkan Kementerian ESDM tidak ekonomis sehingga dinilai berpotensi merugikan keuangan perseroan.

’’Kalau itu dibilang membuat PLN bangkrut, yang bicara harus istigfar. Astaghfirullah gitu ya, memohon ampun kepada Tuhan karena telah membohongi publik,’’ kata Menteri ESDM Sudirman Said kemarin (7/6).

Dia memastikan BUMN listrik tersebut tidak akan rugi hanya karena ada segelintir PLTMH. Dari 55 ribu mw kapasitas listrik yang telah terpasang, PLTMH hanya menyumbang 78 mw.

Lantaran porsinya sangat kecil, Sudirman menilai aneh apabila feed-in tariff PLTMH sampai membuat perusahaan yang dipimpin Sofyan Basyir itu merugi. ’’Meributkan seolah keuangan PLN akan kerepotan tersebut membohongi masyarakat,’’ jelasnya.

Sudirman menyatakan, pemerintah ingin mendorong agar porsi pembangkit listrik dari energi baru terbarukan (EBT) semakin besar. Salah satu upaya, meningkatkan minat investasi melalui feed-in tariff yang menarik.

Karena itu, menteri ESDM mengeluarkan Peraturan Menteri ESDM No 19 Tahun 2015 yang mengatur soal harga listrik PLTMH. Permen yang keluar pada Mei 2015 tersebut tidak disepakati PLN dan mengeluarkan patokan harga sendiri. PLN merilis Surat Edaran 0497/REN.01.01/DITREN/2016 pada 11 April 2016.

Sudirman dengan tegas menyebutkan, tuduhan bahwa feed-in tariff yang dia tetapkan menguntungkan orang-orang tertentu tidak berdasar. Dia menantang agar tuduhan itu dibuktikan dengan informasi yang valid. ’’Silakan dibuka saja biar publik tahu spekulasi kepentingan tersebut benar atau tidak,’’ tuturnya. (dim)


JAKARTA – Negosiasi harga listrik antara Kementerian ESDM dan PLN terkait dengan pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMH) masih buntu.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News