Menteri Susi: Dengan Pengaturan ini, Mereka Tidak Suka

Menteri Susi: Dengan Pengaturan ini, Mereka Tidak Suka
Garam. Foto ilustrasi. dokumen JPNN

jpnn.com, JAKARTA BARAT - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti mengatakan, tak tertutup kemungkinan ada kartel garam yang ikut bermain dalam kasus PT Garam.

"Bisa jadi. Dulu terjadi kebocoran garam impor yang dilakukan oleh industri importir garam, mereka impor lebih dari kapasitas produksi mereka. Akhirnya mereka menjadi trader, separuh lebih bocor ke pasar konsumsi," tutur Susi.

Nah dengan adanya kebijakan hanya PT Garam yang boleh melakukan impor, Susi menilai banyak oknum yang selama ini bermain merasa terganggu.

Di mana pemerintah telah memberi tugas kepada PT Garam untuk membeli, menyerap, produksi, dan menyangga harga garam petambak.

"Sekarang dengan pengaturan ini mereka tidak suka. Dari dulu impor garam industri rata-rata per tahun dua juta ton, namun bocor ke pasar garam konsumsi. Garam ini masuk pada saat petambak panen dan harga petambak jadi jatuh," jelasnya.(chi/jpnn)


Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti mengatakan, tak tertutup kemungkinan ada kartel garam yang ikut bermain dalam kasus PT Garam.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News