Menteri Susi : Harga Ikan Kaleng Asal Indonesia Meningkat di Luar Negeri

Menteri Susi : Harga Ikan Kaleng Asal Indonesia Meningkat di Luar Negeri
Menteri Susi : Harga Ikan Kaleng Asal Indonesia Meningkat di Luar Negeri

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti mengklaim harga ikan kaleng asal Indonesia yang berada di luar negeri mengalami peningkatan harga jual.

Kenaikan harga jual ikan itu, menurut Susi,  tidak terlepas dari adanya penerapan kebijakan moratorium illegal fishing di Indonesia.

Penerapan kebijakan tersebut membuat suplai dari pencuri ikan ke pasar luar negeri langsung berkurang. Kondisi tersebut membuat harga ikan kaleng Indonesia di luar negeri juga ikut terkerek.

"Karena suplai kosong, harga naik. Itu salah satunya harga ikan kaleng produk Indonesia di luar negeri naik," ucap Susi di kantornya, Jakarta, Selasa (24/2).

"Pasar lokal tersuplai dan jenis ikan yang didapat sudah bervariasi," jelas bos maskapai Susi Air ini.

Susi menjelaskan keberhasilan Indonesia meningkatkan nilai jual ikannya di pasar dunia merupakan fokus pembangunan 2015.

"Sebab, UU fishing adalah prioritas utama, inilah sebetulnya salah satu bentuk poros maritim," tuturnya.

Keberhasilan dari kinerja Susi selama ini juga sudah dirasakan para nelayan. Yakni hasil tangkapan nelayan juga sudah mulai banyak dan jenisnya beragam.
"Padahal sebelumnya tangkapan dan jenis ikan nelayan terbatas," ujarnya.

JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti mengklaim harga ikan kaleng asal Indonesia yang berada di luar negeri mengalami peningkatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News