Menlu Bingung Atas Pernyataan Presiden Brasil

Menlu Bingung Atas Pernyataan Presiden Brasil
Menlu Retno Marsudi. FOTO: dok/jpnn.com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mempertanyakan pernyataan Presiden Brasil Dilma Rousseff yang menyebut bahwa saat ini Brasil menunggu adanya perbaikan hubungan baik dengan Indonesia. Pasalnya, menurut  Retno selama ini hubungan Brasil dan Indonesia dalam keadaan baik-baik saja.

"Ada statement dari Presiden Rousseff yang mengatakan ini sambil menunggu perkembangan hubungan yang lebih baik. Yang justru kita tidak paham apa arti dari statement tersebut. Karena sejauh ini hubungan Indonesia dan Brasil dalam kondisi yang baik," ujar Menlu Retno di kompleks Istana Negara, Jakarta, Selasa, (24/2).

Retno mengaku pemerintah Brasil belum memberikan pemberitahuan secara resmi terkait alasan penolakan Dubes RI untuk Brasilia Toto Riyanto. Namun, dari pembicaraan Menlu Brasil Mauro Vieira dengan Dubes Toto, penolakan itu dilakukan karena dikaitkan dengan eksekusi hukuman mati terhadap napi kasus narkoba asal Negeri Samba.

Terkait hal itu, Menlu menegaskan sikap Indonesia tetap sama yaitu menegakkan hukuman mati di Indonesia tanpa terpengaruh negara lain. Kementerian Luar Negeri, kata dia, juga tetap mengawasi perkembangan hubungan antara Indonesia dan Brasil.

"Hukuman mati masih menjadi bagian dari hukum positif yang ada di Indonesia. Jadi kita tidak akan lelah untuk menjelaskan kepada dunia mengenai masalah penegakan hukum," tandas Retno. (flo/jpnn)

JAKARTA - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mempertanyakan pernyataan Presiden Brasil Dilma Rousseff yang menyebut bahwa saat ini Brasil menunggu


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News